Teknologi Nokia Future X 5G Irit Energi

Pandu Gumilar
Selasa, 13 Februari 2018 | 09:40 WIB
Nokia/Istimewa
Nokia/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Nokia meluncurkan teknologi jaringan Future X 5G yang dielaborasi dengan cip Reefshark buatan Nokia. Elaborasi ini diklaim mampu mengurangi beban biaya operasional dan membuat kinerja jaringan optimal.

Cip Reefshark Nokia diklaim mengurangi ukuran antena MIMO sebesar 50% yang digunakan dalam penerapan jaringan 5G. Selain itu cip ini juga dapat mengurangi konsumsi daya baseband sebesar 64%.

Selain itu, jaringan Future X 5G juga dibekali fitur mesin pembelajaran (machine learning) yang memungkinkan jaringan untuk mengikuti perangkat mobile, memperluas jangkauan seluler, serta menyediakan kapasitas besar di mana pun dibutuhkan.

Marc Rouanne, President of Mobile Networks di Nokia, mengatakan arsitektur Future X yang diciptakan dari hasil penelitian Nokia Bell Labs memungkinkan untuk mengkombinasikan keahlian-keahlian di dalam Nokia, dalam hal IP, Optics, RF, software dan silikon in-house yang inovatif.

"Kami kini berharap dapat memberikan kemampuan dan efisiensi yang belum pernah ada sebelumnya yang memungkinkan pelanggan kami untuk mentransformasikan penawaran layanan mereka ke 5G," katanya dalam siaran pers, Senin (12/2).

Nokia mengembangkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin pada jaringan Future X 5G di seluruh lokasi seluler radio berada untuk meningkatkan kinerja dan operasional. Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin digunakan untuk membangun sistem otomasi yang bisa menghemat biaya operasional 30%.

Selian itu, Nokia menerapkan arsitektur terbuka (open architecture) untuk memungkinkan pelanggan mengakses serta mendapakan manfaat dari intelijen jaringan di dalam jaringan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Pandu Gumilar
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper