Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai 10 Februari, KA Pangrango Beroperasi Relasi Sukabumi-Cigombong

PT Kereta Api (Persero) mengumumkan Kereta Api Pangrango hanya dioperasikan untuk jalur Sukabumi-Cigombong.
Ilustrasi : Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga
Ilustrasi : Penumpang menunggu kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11/2017)./ANTARA-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api (Persero) mengumumkan bahwa Kereta Api (KA) Pangrango hanya dioperasikan untuk jalur Sukabumi-Cigombong.

Hal ini terjadi pascalongsor di jalur  KA lintas Bogor-Sukabumi, tepatnya di antara Stasiun Cicurug - Cigombong (KM 20+7/8), dan di Stasiun Bogor - Maseng KM 13+800 pada 05 Febuari 2018. Sebelumnya, KA Pangrango otomatis dihentikan sementara operasinya akibat kejadian longsor tersebut.

Menghadapi bencana longsor ini pihak Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta terus-menerus melakukan penanggulangan dan penanganan berkerjasama dengan berbagai pihak.

"Setelah dilakukan penanganan dan penanggulan pada jalur KA yang terkena longsor, serta telah dilakukannya uji coba di lintas Cicurug- Cigombong oleh tim, maka dinyatakan jalur sudah bisa dilalui KA. Dan, dapat dipastikan KA Pangrango lintas Sukabumi - Cigombong ( Hanya Sampai Cigombong ) sudah dapat beroperasi mulai Sabtu, 10 Febuari 2018,” ujar Dadan Rudiansyah selaku EVP 1 Jakarta, mengutip keterangan resmi, Sabtu (9/2/2018).

Jadwal KA Pangrango (Sukabumi-Cigombong)

No KA Berangkat (Sukabumi) Kedatangan (Cigombong)

KA.389 : 05.15 - 06.37

KA.391 : 10.25 - 11.47

KA.393 : 15.45 - 17.07

Jadwal KA Pangrango (Cigombong-Sukabumi)

No KA Berangkat (Cigombong) Kedatangan (Sukabumi)

KA.390 : 08.34 - 09.54

KA.392 : 13.53 - 15.13

KA.394 : 19.14 - 20.36

Mulai 10 Februari, KA Pangrango Beroperasi Relasi Sukabumi-Cigombong

Masyarakat yang ingin naik KA Pangrango relasi Sukabumi - Cigombong dapat membeli tiket dengan harga Rp. 40.000 untuk KA Eksekutif Rp15.000 untuk KA Ekonomi, berlaku saat weekday (Senin-Kamis).

Sementara tarif weekend (Jumat-Minggu), Sukabumi - Cigombong harga yang berlaku adalah Rp50.000 untuk KA kelas Eksekutif dan Rp20.000 kelas KA Ekonomi. Selanjutnya dari Stasiun Cigombong, para penumpang dapat melanjutkan perjalanan ke Bogor menggunakan moda transportasi lainnya. Sebaliknya, untuk longsoran lintas Stasiun Maseng - Bogor di KM 13+800 sampai saat ini jalur KA masih dalam penanganan kerja keras seluruh jajaran Daop 1 Jakarta.

Dadan menambahkan petugas di lapangan masih bekerja keras agar longsoran cepat terselesaikan dan dapat dilalui dengan normal dalam waktu dekat. Dan, tentunya cuaca juga sangat menentukan untuk pekerjaan tersebut.

Sambil menunggu penyelesaian perbaikan pascalongsor antara Stasiun Maseng - Bogor, tepatnya di Km.13 + 800, mulai 10 Februari 2018 KA Pangrango beroperasi hanya relasi Sukabumi-Cigombong, sampai Pekerjaan perbaikan Jalur Maseng - Bogor selesai.

PT. KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang mengakibatkan gangguan pada perjalanan KA ini. "Untuk sementara, demi keselamatan dan keamanan perjalanan, KA Pangarango sampai Bogor dibatalkan sampai jalur dinyatakan aman dan akan diinformasikan lebih lanjut,” pungkas Dadan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper