Digitalisasi Masih Mandek, Manufaktur Paling Lelet

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 8 Februari 2018 | 13:08 WIB
Ilustrasi Internet of things
Ilustrasi Internet of things
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — International Data Corporation (IDC) Indonesia menyebut saat ini baru 8% perusahaan lokal Indonesia yang melakukan digitalisasi dan merasakan manfaatnya.

Head of Consulting IDC Indonesia Mevira Munindra mengatakan perusahaan di Indonesia masih dalam tahap mengeksplorasi teknologi-teknologi yang potensial dan model bisnis yang sesuai.

Di sisi lain, para pemimpin perusahaan harus bisa memahami bahwa untuk bisa memimpin ekonomi digital, perusahaan harus cakap digital.

"Hanya 8% perusahaan lokal yang telah melakukan transformasi digital dan merasakan manfaatnya secara penuh," ujarnya dalam acara IDC Indonesia FutureScape 2018 di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Lebih lanjut, dia menyebut penyebab porsi pelaku tranformasi digital masih terbatas yakni pemimpin perusahaan masih merasa kesulitan untuk mengadopsi.

Dari hasil riset IDC Indonesia, setidaknya 78% organisasi masih memiliki keterbatasan kapabilitas mengakselerasi digitalisasi. Menurutnya, untuk mendorong perusahaan melakukan digitalisasi karena belum memiliki pola pikir digital.

"Belum ada digital mindset."

Masalah lainnya, ketika pemimpin perusahaan memiliki pola pikir digital, ternyata sulit pula untuk mengeksekusinya. Dari 8% pun, dia menuturkan didominasi industri perbankan.

Sisanya, baru terdapat kecenderungan untuk digitalisasi seperti di ritel, logistik, rantai pasok, dan manufaktur yang berjalan lamban.

"Paling besar itu banking tadi kita lihat banking yang paling major," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper