Separuh Populasi Indonesia Aktif di Medsos

Setidaknya 49% dari total populasi penduduk memiliki dan aktif menggunakan media sosial.
Duwi Setiya Ariyanti | 31 Januari 2018 12:21 WIB
Kue kering berkarakter media sosial - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia tercatat memiliki 130 juta pengguna media sosial aktif pada 2018 mengacu pada laporan dari laman wearesocial.com, Rabu (31/1/2018).

Adapun, setidaknya 49% dari total populasi penduduk memiliki dan aktif menggunakan media sosial. Dengan 120 juta pengguna di antaranya menggunakan ponsel untuk terhubung dengan akun media sosialnya.

Media sosial dengan pengguna paling aktif yakni YouTube, Facebook, Instagram dan Twitter. Rincinya, khusus Facebook, total pengguna Facebook dari Indonesia sebanyak 130 juta yang artinya seluruh pengakses media sosial pun aktif menggunakan media sosial yang diprakarsai Mark Zuckerberg itu.

Dari Januari 2017 ke Januari 2018, terdapat kenaikan 23% jumlah pengguna Facebook dengan 92% akaes melalui ponsel. Bila dibagi dari jenis kelaminnya, 44% pengguna Facebook merupakan perempuan dan sisanya, 56% berjenis kelamin lelaki.

Di sisi lain, untuk media sosial Instagram, saat ini terdapat 53 juta pengguna asal Indonesia atau setara 20% dari total populasi penduduk. Dilihat dari jenis kelaminnya, jumlah lelaki lebih besar yakni 51% dan perempuan pengguna Instagram sebesar 49%.

Rata-rata masyarakat Indonesia pun tercatat menghabiskan waktu tiga jam 23 menit dalam sehari untuk mengakses media sosial dari berbagai gawai.

Kemudian, terdapat dua jam 45 menit dalam sehari untuk menonton video secara streaming dan video on demand seperti pada saluran YouTube. Terakhir, pengguna internet Indonesia rata-rata menggunakan waktunya selama satu jam 19 menit untuk mendengarkan musik. Secara total, rata-rata pengguna internet menghabiskan waktu delapan jam 51 menit dalam sehari di dunia maya.

 

Tag : internet
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top