Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Destinasi Wisata Baru Indonesia Diperkenalkan di Austria

Sepuluh destinasi wisata di Indonesia diperkenalkan dalam acara pameran wisata Ferien Messe 2018 yang digelar di Messe Wien, Wina, Austria, pada 11-14 Januari 2018.
Suasana Ferien Messe di Wina, Austria/Dok. KBRI Wina
Suasana Ferien Messe di Wina, Austria/Dok. KBRI Wina

Bisnis.com, WINA - Sepuluh destinasi wisata di Indonesia diperkenalkan dalam acara pameran wisata Ferien Messe 2018 yang digelar di Messe Wien, Wina, Austria, pada 11-14 Januari 2018.

Pada pameran tahun ini, Indonesia memperkenalkan 10 destinasi “Bali Baru” yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, agar masyarakat internasional tidak hanya mengenal Pulau Bali sebagai satu-satunya destinasi wisata di Indonesia.

Adapun 10 destinasi wisata tersebut adalah, Danau Toba di Sumatra Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara.

Partisipasi Indonesia dalam Ferien Messe merupakan salah satu program tahunan KBRI Wina dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan Austria ke Indonesia, sebagai bagian upaya Pemerintah RI untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019. 

Guna menarik minat pengunjung untuk bertandang ke stand Indonesia, beragam pertunjukan seni budaya Indonesia ditampilkan, baik di stand maupun di panggung utama Ferien Messe selama pameran berlangsung.

“Turis Austria merupakan pangsa pasar yang amat potensial untuk digarap. Mereka gemar melancong ke luar negeri untuk jangka waktu yang panjang, khususnya ke tempat-tempat mereka bisa menikmati keindahan laut serta seni budaya dan tradisi lokal,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Austria Darmansjah Djumala dalam siaran pers KBRI Wina, Senin (15/1/2018).

Berdasarkan riset Bank Erste di Austria, rata-rata masyarakat Austria menghabiskan 1.100 Euro setiap tahunnya untuk berlibur di saat musim panas. Berdasarkan angka tersebut, total nilai pengeluaran masyarakat Austria untuk liburan musim panas mencapai 4,8 miliar Euro. Tujuh dari sepuluh masyarakat Austria memilih untuk menghabiskan liburan musim panas mereka di luar negeri.

“Indonesia jelas punya peluang besar untuk menjadi destinasi favorit mereka di Asia Tenggara,” tandasnya.

Dalam Ferien Messe tahun ini KBRI Wina menggandeng 5 tour operator, termasuk satu tour operator dari Indonesia, yakni Nusa Dua Bali Tour dan maskapai nasional Garuda Indonesia. Terdapat pula tiga perusahaan Austria yang di antaranya adalah Oruondo, perusahaan penyedia jasa teknologi informasi bagi pengunjung Candi Borobudur.

Sebagian besar pengunjung stand Indonesia menunjukan minatnya terhadap berbagai paket wisata yang ditawarkan, khususnya paket wisata ke Bali, Raja Ampat, dan Pulau Komodo. KBRI/PTRI Wina juga memanfaatkan Ferien Messe untuk mempromosikan produk mie instan dan kopi kepada para pengunjung di stand.

Ferien Messe merupakan pameran promosi pariwisata terbesar di Austria. Hasil survei penyelenggara pada 2017 menyebutkan 99% dari total pengunjung merekomendasikan pameran tersebut kepada rekan dan kerabat mereka, dan sekitar 50% diantaranya datang ke pameran dengan maksud untuk mencari paket wisata liburan.

Ferien Messe 2018 diikuti oleh lebih dari 750 eksibitor dari 70 negara. Di samping paket-paket wisata liburan ke luar negeri, pengunjung juga dapat menikmati berbagai penawaran paket-paket wisata domestik yang menarik dari biro perjalanan lokal Austria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper