5 Perangkat Teknologi yang Diprediksi Kian Tersohor di 2018

Penjualan sejumlah perangkat teknologi diprediksi kian bersinar sepanjang 2018 ini. Laporan Asosiasi Teknologi Konsumen Global (The Consumer Technology Association/CTA) memprediksi beberapa pemain baru yang akan mencuri perhatian di pasar perangkat canggih.Berdasarkan laporan laporan tahunan bertajuk US Consumer Technology Sales and Forecast yang dipublikasikan CTA, penjualan beberapa perangkat berikut akan menggeliat pada 2018 di Amerika Serikat dan diprediksi akan menjadi tren global.
Dara Aziliya | 09 Januari 2018 06:07 WIB
EHang 184 - Youtube

Bisnis.com, LAS VEGAS – Penjualan sejumlah perangkat teknologi diprediksi kian bersinar sepanjang 2018 ini. Laporan Asosiasi Teknologi Konsumen Global (The Consumer Technology Association/CTA) memprediksi beberapa ‘pemain baru’ yang akan mencuri perhatian di pasar perangkat canggih.

Berdasarkan laporan laporan tahunan bertajuk US Consumer Technology Sales and Forecast yang dipublikasikan CTA, penjualan beberapa perangkat berikut akan menggeliat pada 2018 di Amerika Serikat dan diprediksi akan menjadi tren global.

  1. Speaker Pintar (Smart Speaker)

Kepopuleran mesin pengontrol suara smart speaker dipelopori oleh Amazon Echo dan Google Home. Pada 2017 lalu, penjualan total keduanya meningkat 279% dan pada tahun ini diprediksi mencapai 43,6 juta unit atau naik sekitar 60%.

Pada 2018, penjualan perangkat dan aplikasi smart speaker diprediksi mendulang pendapatan hingga US$3,8 miliar atau naik 93% dari capaian pada 2017

2. Rumah Pintar (Smart Home)

Kepopuleran smart speaker secara langsung terhubung dengan pasar rumah pintah, mengingat smart home membutuhkan perangkat automasi suara. Laporan CTA memprediksi penjualan smart home dan sejumlah perangkatnya dapat mencapai 40,8 juta unit pada tahun ini atau naik 41% dari tahun lalu, dan mencatatkan pendapatan sebesar US$4,5 miliar.

3. Perangkat Virtual Reality(VR)

Perangkat yang menggunakan teknologi VR sangat populer di kalangan pecinta games. Situasi industrinya kian kompetitif dan jutaan unit terjual pada 2017. Tahun ini, penjualan perangkat VR di AS diprediksi mencapai 4,9 juta unit atau naik 25% dari tahun lalu. Industri diprediksi mendulang pendapatan sebesar US$1,2 miliar atau naik 18% dari 2017.

4.Drones

Berbagai jenis dan fungsi perangkat drones sangat ramai dipamerkan pada Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas. Penjualan Drones tahun ini diprediksi mencapai rekor 3,7 juta unit atau naik 20%, dengan pendapatan dari penjualan sebanyak US$1,2 miliar atau naik 17% dari tahun lalu.

5..Perangkat Wearable

Penjualan perangkat wearable yang efisien dan fungsional juga diprediksi kian bersinar selama 2018. Perangkat ini meliputi beberapa sektpr seperti berbagai perangkat deteksi untuk kesehatan, jam tangan pintar (smartwatch), dan beberapa perangkat olahraga. Penjualan perangkat wearable diprediksi mencapai 49,3 juta unit pada 2018 dan mendulang pendapatan sebanyak US$6,4 miliar.

Wakil Presiden Divisi Riset dan Standardisasi CTA Brian Markwalter menyampaikan konsumen akan secara terus-menerus beradaptasi dengan teknologi baru, seperti pengontrol atau perintah suara pada tahun ini.

“Interaksi suara akan menciptakan interaksi. Simultan dengan hal itu, penjualan ponsel pintar, laptop, dan televisi pun akan terus melampaui ekspektasi industri,” jelas Brian.

CTA mencatat penjualan perangkat terintegrasi di AS akan mencapai total 715 juta unit sepanjang 2018 atau naik sekitar 6,6%. Perangkat smart speakers, smart home, VR, drones, dan perangkat wearable akan berkontribesar pada penjualan total perangkat teknologi di AS.

Tag : inovasi teknologi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top