Proyek Serat Optik XL Axiata Sambungkan Australia-Indonesia-Singapura

Sholahuddin Al Ayyubi
Senin, 11 Desember 2017 | 12:14 WIB
Ilustrasi kabel serat optik/Reuters-Mike Segar
Ilustrasi kabel serat optik/Reuters-Mike Segar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. akan membangun jaringan serat optik sepanjang 4.600 kilometer dalam proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Australia-Indonesia-Singapura.

Chief Executive Officer (CEO) XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan SKKL tersebut nantinya akan menyediakan alternatif akses internet dari Indonesia ke jaringan global melalui Australia.

Dia menargetkan pembangunan jaringan serat optik tersebut akan rampung dan dioperasikan pada kuartal III/2018.

"Keberadaan SKKL Australia–Indonesia-Singapura ini merupakan sarana infrastruktur yang sangat strategis bagi perkembangan industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia karena menyediakan konektivitas berkapasitas  besar ke Singapura dan terutama ke Australia yang selanjutnya bisa menjadi jalur alternatif ke jaringan global," tuturnya, Senin (11/12).

Dia menjelaskan setelah pembangunan infrastruktur tersebut rampung, maka kapasitas pita lebar akan mencapai 30 TB untuk jalur Jakarta-Singapura dan 20 TB antara Jakarta - Perth.

Menurutnya, SKKL tersebut dinilai mampu menyediakan kapasitas hingga 6 kali lipat dari total kapasitas jaringan internasional dari Indonesia yang ada saat ini.

"Ketersediaan kapasitas atau bandwidth yang sangat besar ini tentunya juga dapat dinikmati pelanggan XL Axiata, termasuk pelanggan korporasi dan penyedia jasa layanan internet di Indonesia. Selain itu, rute alternatif melalui Australia yang saat ini masih sangat terbatas, juga akan mengurangi ketergantungan terhadap Singapura yang hingga saat ini merupakan jalur utama untuk menyalurkan trafik dari Indonesia ke jaringan global dan rawan dengan gempa bumi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper