Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2018, Kemenpar Targetkan Wisman Perbatasan 3,57 Juta

Kementerian Pariwisata menargetkan wisatawan mancanegara sebanyak 3,57 juta dari wilayah perbatasan pada 2018
./.
./.

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Pariwisata menargetkan wisatawan mancanegara sebanyak 3,57 juta dari wilayah perbatasan pada 2018.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengatakan Indonesia diuntungkan dengan posisi sejumlah daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

"Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Ada juga berbatasan laut dengan India, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Philipinnes, Republik Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua Nugini," ucapnya, mengutip keterangan resminya, Kamis (7/12/2017).

Jika dilihat dari segi geografi, Indonesia mempunyai potensi besar dalam menarik kunjungan wisman cross border melalui program Wisata Perbatasan.

“Wisman perbatasan dapat diperoleh dengan relatif mudah dan cepat dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap total kunjungan wisman serta manfaat lainnya khususnya mempercepat kemajuan daerah lintas batas," tuturnya.

Untuk mencapai target wisman dari wilayah perbatasan sebanyak 3,57 juta pada tahun depan, Kemenpar menyiapkan calender of event 2018 yang terdiri dari 220 agenda yang akan digelar di 31 area tersebar di 8 wilayah.

"Artinya, ada penambahan 6 event dan 2 area baru,” tambahnya.

Adapun, realisasi kunjungan wisman dari wilayah perbatasan sepanjang Januari-Oktober 2017 mencapai 2,83 juta. Angka tersebut sudah terealisasi hingga 90,17% dari target tahun ini sebanyak 3,14 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper