Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemajuan Digital & Inovasi Indonesia Diyakini Melesat

Indonesia diyakini akan menjadi negara dengan tingkat kemajuan digital dan inovasi tinggi di masa mendatang.

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia diyakini akan menjadi negara dengan tingkat kemajuan digital dan inovasi tinggi di masa mendatang.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan saat ini posisi Indonesia masuk dalam kuadran ketiga yakni break out atau tingkat kemajuan digital rendah namun inovasi cepat.

Menurutnya, kondisi inovasi yang terus berkembang relatif cepat di Tanah Air akan membuat Indonesia naik ke posisi stand out, di mana tingkat kemajuan akan menjadi lebih tinggi.

"Generasi milenial cukup tinggi sehingga bisa mengejar kemajuan digital ekonomi kita," kata Hariyadi dalam acara Bisnis Indonesia Economic Challenges 2018 'Keseimbangan Baru Ekonomi Digital', Senin (4/11).

Kemungkinan ini didukung pula oleh kondisi digital di Indonesia. Menurut Hariyadi, saat ini pengguna internet di Indonesia 132 juta jiwa, pengguna media sosial mencapai 106 juta pengguna. Sehingga inovasi diyakini akan terus berkembang.

Sementara di sektor ritel cukup mengkhawatirkan. Pasalnya mulai muncul tren daya beli di Indonesia yang saat ini cenderung rendah. "Yang menarik ternyata dari transaksi yang terjadi, kebanyakan [masih] menggunakan transaksi tunai," pungkasnya.

Menurut Hariyadi, rendahnya daya beli ini belum bisa dipastikan penyebabnya. belanja online menurutnya juta masih dalam angka yang cenderung rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper