Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ultah Ke-25, Pelindo III Bukukan Laba Rp1,67 T

Menyambut hari ulang tahunnya yang ke-25 pada 1 Desember 2017, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus mencatatkan kinerja yang positif.
Logo Pelindo III/Istimewa
Logo Pelindo III/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Menyambut hari ulang tahunnya yang ke-25 pada 1 Desember 2017, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus mencatatkan kinerja yang positif.

"Perolehan laba periode berjalan Pelindo III mencapai Rp1,67 triliun atau meningkat 1,2 kali lipat dibandingkan targetnya. Termasuk apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu [year to date]," papar CEO Pelindo III, IG. N. Askhara Danadiputra, dalam siaran pers pada Rabu (29/11/2017).

Hingga Oktober 2017 aktivitas operasional BUMN kepelabuhanan tersebut membuahkan surplus laba usaha sebesar Rp2,5 triliun atau meningkat 29,6%. Kemudian diikuti EBITDA perseroan yang tumbuh sebesar 30,6% menjadi Rp3,2 triliun dibandingkan realisasi sampai dengan periode yang sama tahun lalu.

“Pertumbuhan kinerja tersebut disokong oleh penjualan layanan jasa kepelabuhanan sebesar 16%, dengan kontribusi utama dari arus peti kemas yang terealisasi hingga 4 juta TEUs atau tumbuh sekitar 7%," kata Ari.

Dia menjelaskan bahwa segmen usaha pelayanan jasa bongkar muat peti kemas ini memberikan kontribusi sekitar 60% dari total penjualan neto konsolidasi. Berdasarkan catatan Pelindo III, arus peti kemas periode Januari - Oktober 2017 yang terealisasi sebesar 3,3 juta boks meningkat 6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 3,1 juta boks.

"Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menjadi kontributor terbesar dari layanan jasa bongkar muat peti kemas tersebut sebesar 72 persen. Pertumbuhan arus peti kemas yang dilayani oleh Pelindo III menunjukkan dampak positif perbaikan ekonomi nasional pada arus perdagangan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Finance Director Pelindo III U. Saefudin Noer menjelaskan bahwa upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menjaga kestabilan perekonomian sampai dengan awal triwulan IV/2017, berdampak positif bagi arus perdagangan moda transportasi laut.

Karenanya prospek kinerja keuangan Pelindo III hingga akhir tahun ini diproyeksikan tetap positif.

U. Saefudin Noer mengungkapkan bahwa Pelindo III tetap optimis dapat membukukan pertumbuhan penjualan dan laba usaha.

Dengan terus meningkatkan kinerja operasional yang mengutamakan layanan prima kepada pelanggan, serta melakukan upaya efisiensi secara berkesinambungan. “Kami berharap dapat mencapai hasil optimal pada akhir tahun 2017 sesuai dengan yang ditargetkan oleh pemerintah.”

Terkait segmen bisnis layanan pada kapal pesiar internasional, dia menegaskan bahwa Pelindo III juga konsisten mendukung pemerintah untuk mencapai target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019. Pelindo III mengelola sejumlah pelabuhan yang menjadi gerbang destinasi andalan di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

"Terminal penumpang di pelabuhan - pelabuhan yang disandari kapal pesiar (cruise) akan terus dibangun dan direnovasi agar lebih modern dan representatif sebagai gerbang wisata. Tidak hanya perbaikan bangunan terminal, contohnya alur masuk ke Pelabuhan Benoa yang sedang dilakukan pelebaran dan pendalaman sejak September lalu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper