Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SATGAS PANGAN: Stok Bahan Pokok Jelang Akhir Tahun Masih Cukup

Satgas pangan Polri hingga saat ini terus melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok di tingkat konsumen.
Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto./Antara
Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Terkait upaya menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Bareskrim Polri mengundang seluruh instansi pemerintah yang secara teknis terkait dengan pangan, Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Adapun pihak yang diundang antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog, KPPU, Badan POM, dan BPS.

Dalam rapat tersebut Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono selaku pimpinan rapat mengatakan bahwa satgas pangan Polri hingga saat ini terus melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok di tingkat konsumen.

Sejauh ini pantauan satgas pangan terhadap harga bahan pokok termasuk stabil, namun menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 harus diantisipasi agar tidak terjadi lonjakan harga sebagaimana terjadi pada tahun sebelumnya.

“Kita ingin kondisi Natal dan Tahun Baru 2018 harga bahan pokok tetap stabil sebagaimana Ramadan dan Idul Fitri 2017 lalu. Kita berharap para pelaku usaha di bidang pangan dapat bekerjasama untuk terlibat secara proaktif menstabilkan harga tanpa harus menunggu intervensi dari pemerintah,” kata Ari Dini dalam keterangan tertulis.

Dari rapat tersebut diperoleh informasi bahwa stok bahan pokok menjelang akhir tahun secara keseluruhan masih cukup. Terdapat beberapa komoditi yang defisif seperti daging sapi dan kedelai, namun masih bisa dicukupi melalui Importasi. Sehingga apabila terjadi lonjakan harga, berarti terdapat masalah di sektor distribusi.

Secara terpisah Dirtipideksus Brigjen Agung Setya yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menerangkan bahwa Bareskrim tetap mengidentifikasi pihak-pihak yang berpotensi dapat menyebabkan naiknya harga bahan pokok dan secara konsisten akan dilakukan penegakan hukum apabila hal itu terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper