Punya 13 BTS di Area Gunung Agung, Layanan XL Tidak Terganggu

Sholahuddin Al Ayyubi
Selasa, 28 November 2017 | 10:56 WIB
Petugas teknisi XL memeriksa perangkat jaringan BTS 4G di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6)./Antara-Yulius Satria Wijaya
Petugas teknisi XL memeriksa perangkat jaringan BTS 4G di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6)./Antara-Yulius Satria Wijaya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. memastikan jaringan telekomunikasi miliknya di sekitar wilayah Gunung Agung Bali masih berfungsi dengan baik.

Caretaker Vice President East Region XL Axiata Mochamad Imam Mualim mengatakan XL Axiata memiliki sebanyak 13 unit base transceiver station (BTS) pada radius 12 km dari wilayah letusan Gunung Agung, Bali. Namun, dia memastikan seluruh layanan telekomunikasi XL di wilayah tersebut masih aman dan terkendali.

“Kami pastikan sampai saat ini tidak ada gangguan apapun. Namun, untuk antisipasi, kami telah menyiapkan langkah-langkah darurat seandainya bencana terus meningkat sehingga mengganggu operational BTS-BTS yang ada di sekitar lokasi bencana,” tuturnya, Selasa (28/11).

Selain itu, untuk mengantisipasi pasokan listrik, menurutnya XL Axiata telah menyiapkan puluhan genset untuk mendukung operasional BTS yang ada di wilayah tersebut. 

Dia mengatakan saat ini XL Axiata juga telah berkoordinasi dengan perusahaan penyedia menara telekomunikasi untuk mengantisipasi gangguan jaringan telekomunikasi di sekitar Gunung Agung.

“Yang jelas, kami akan terus standby menjaga jaringan agar tetap bisa beroperasi karena di saat genting seperti ini sarana telekomunikasi menjadi sangat diperlukan, termasuk bagi aparat yang terlibat dalam penanganan dampak bencana,” katanya.

Dia menjelaskan total jumlah BTS XL Axiata yang berada di sekitar Gunung Agung ada sebanyak 33 BTS baik 2G, 3G, dan 4G. Sementara itu, untuk wilayah Bali secara keseluruhan XL memiliki lebih dari 3.000 BTS 2G, 3G, dan 4G.

“Penanganan jaringan XL Axiata di sekitar Gunung Agung kini menjadi tanggung jawab bersama tim jaringan XL Axiata yang berbasis di Denpasar, Bangli, dan Karang Asem,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai perusahaan telekomunikasi, XL Axiata juga sudah memberikan bantuan sarana telekomunikasi, antara lain berupa telepon umum gratis (TUG), kartu SIM, dan akses Internet, di lokasi pengungsian. 

Dia mengatakan sarana tersebut dapat membantu kebutuhan komunikasi warga korban, dan juga bisa dimanfaatkan oleh aparat yang bertugas melakukan penanganan korban bencana.

“Bulan lalu, XL Axiata telah menyalurkan donasi berupa bahan makanan dan obat-obatan melalui Posko Ulakan dan Posko Menanga yang berada di Kecamatan Manggis dan Rendang, Kabupaten Karangasem. Dengan adanya perkembangan terakhir, XL Axiata akan mulai mengumpulkan informasi untuk menyiapkan donasi selanjutnya bagi warga yang mengungsi,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper