Gunung Agung Erupsi, Bandara Blimbingsari Banyuwangi Masih Beroperasi

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Banyuwangi mengatakan Bandara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masih aman dari abu vulkanis Gunung Agung.
Newswire | 27 November 2017 20:16 WIB
Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, Jawa Timur. - Antara/Budi Candra Setya

Bisnis.com, BANYUWANGI - Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandara Banyuwangi Dodi Dharma Cahyadi mengatakan bandara yang berada di Desa Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masih aman dari abu vulkanis Gunung Agung.

"Hingga hari ini aktivitas penerbangan di Bandara Blimbingsari di Banyuwangi masih normal dan tidak terganggu dengan erupsi Gunung Agung," katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (27/11/2017).

Menurutnya, penutupan Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali, juga belum berdampak signifikan terhadap lonjakan penumpang di Bandara Banyuwangi karena jumlah penumpang masih normal seperti biasanya.

"Sejauh ini jumlah penumpang juga masih wajar dan belum terlihat ada peningkatan, bahkan belum ada pemberitahuan secara resmi untuk pengalihan penerbangan dari Bandara Ngurah Rai ke Bandara Banyuwangi," tuturnya.

Dodi berharap sebaran abu vulkanis Gunung Agung tidak berpengaruh pada aktivitas penerbangan Bandara Banyuwangi, sehingga masyarakat masih bisa menggunakan jasa penerbangan dari Banyuwangi menuju ke Jakarta dan Surabaya ataupun sebaliknya.

"Mudah-mudahan Bandara Banyuwangi tetap beroperasi, meskipun aktivitas Gunung Agung semakin meningkat. Namun, kami terus memantau aktivitas Gunung Agung dan siap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan berdampak pada aktivitas penerbangan Bandara Banyuwangi," katanya.

Sementara itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali menutup sementara operasional penerbangan selama 24 jam karena terdampak sebaran abu vulkanik di wilayah udara bandara setempat.

PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat sebanyak 455 jadwal penerbangan di bandara itu dibatalkan selama 24 jam penutupan bandara karena terdampak abu vulkanik Gunung Agung.

Untuk mengantisipasi penerbangan yang akan datang ke Bali, Angkasa Pura juga sudah menyiagakan bandara alternatif yaitu Bandara Juanda Surabaya, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanudin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.

Sumber : Antara

Tag : gunung agung
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top