Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Agung Meletus, AP I Tutup Bandara Internasional Lombok

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) menutup Bandara Internasional Lombok, menyusul letusan Gunung Agung, Bali.
Bandara Lombok/lombok-airport.co.id
Bandara Lombok/lombok-airport.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) menutup sementara penerbangan dan pendaratan pesawat di Bandara Internasional Lombok, menyusul letusan Gunung Agung, Bali.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi mengatakan penutupan Bandara Internasional Lombok dilakukan setelah dilaksanakannya rapat kordinasi dengan Otoritas Bandara Wilayah IV, Airlines, Ground Handling, Airnav Indonesia serta BMKG hari ini pada pukul 17.00 WITA serta melalui pengamatan dilapangan dalam bentuk Paper Test untuk mengetahui kondisi Volcanic Ash di area bandara, serta update VA Advisory dan SIGMET serta monitor informasi dari crew.

Israwadi menyebut penutupan Bandara Internasional Lombok ini berdampak terhadap 16 operasional penerbangan dari dan menuju Lombok yang terdiri dari 13 penerbangan domestik yaitu: 7 penerbangan Garuda Indonesia, 3 penerbangan Lion Air, 2 penerbangan Air Asia, 1 penerbangan Citilink, 1 penerbangan Wings Air, 1 penerbangan Batik Air.

"Dan ada 3 penerbangan internasional yaitu 2 penerbangan Air Asia ke Kuala Lumpur serta 1 penerbangan Silk Air ke Singapore. Untuk 1 penerbangan domestik Batik Air dari Jakarta telah dialihkan ke Bali," kata Israwadi melalui siaran pers, Minggu malam (26/11/2017).

Selain langkah-langkah antisipasi atas aktivitas Gunung Agung, Lombok International Airport juga melakukan persiapan dampak terhadap operasional penerbangan antara lain, membuka Crisis Center dan melakukan persiapan apabila berdampak terhadap operasional baik yang berhubungan dengan pesawat maupun penumpang, mengaktifkan posko terpadu dan media center serta berkordinasi dengan airlines untuk persiapan langkah penanganan penumpang.

Dia mengatakan bahwa Angkasa Pura I juga telah menyiapkan Bandara Internasional Juanda Surabaya serta Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali untuk pengalihan penerbangan menuju Lombok akibat aktivitas Volcanic Ash Gunung Agung yang terus meningkat.

"Saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah menampung 1 pesawat Batik Air ID 6658 dari Jakarta menuju Lombok," tambah Israwadi.

Sebagai informasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengeluarkan NOTAM B8868/17 untuk seluruh maskapai di Indonesia terkait penutupan Bandara Internasional Lombok hari ini minggu, 26 November 2017 pada pukul 17.55 WITA sampai dengan senin, 27 November 2017 pukul 06.00 WITA terkait dengan dampak langsung Volcanic Ash Gunung Agung di Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper