Perindo Berangkatkan Lagi Satu Kapal ke Arafura

Perum Perikanan Indonesia (Perindo) menambah satu lagi armada kapal penangkap ikan untuk beroperasi di Laut Arafura.
Sri Mas Sari | 24 November 2017 21:03 WIB
Ilustrasi kapal ikan - Perum Perindo

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Perikanan Indonesia (Perindo) menambah satu lagi armada kapal penangkap ikan untuk beroperasi di Laut Arafura.

KM Inka Mina Makmur 33 itu merupakan kerja sama operasional (KSO) antara Perindo dengan Koperasi Usaha Bersama Mina Samudera, Pekalongan, yang mendapat bantuan kapal dari pemerintah pada 2012.

Pada 2015, KUB itu melakukan kerja sama dengan Artantyo, pengusaha setempat. Lalu melalui Artantyo, dilakukan KSO dengan Perindo. Perindo menanggung biaya perbaikan kapal, pengadaan alat tangkap, dan biaya operasi kapal. Kapal tersebut akan melakukan bongkar di Pelabuhan Tual.

"Saat ini kapal sudah dalam kondisi siap operasi setelah dilakukan perbaikan dan penambahan alat tangkap," kata General Manager SBU Fleet & Operations Agung Pamujo, Jumat (24/11/2017).

Perum Perindo menempatkan masing-masing satu kapal collecting di Bacan dan Tahuna untuk membeli ikan nelayan. Lalu, tiga kapal di Ternate, dua kapal lagi di Laut Sulawesi dan beberapa kapal lagi yang merupakan bagian dari kerja sama usaha Perindo dengan perusahaan perikanan swasta.

Perindo juga bekerja sama dengan nelayan Indramayu anggota Koperasi Mina Sumitra untuk mendukung operas penangkapan ikan di Laut Arafura dengan menjamin membeli ikan hasil tangkapan nelayan Indramayu tersebut langsung di pelabuhan sekitar fishing ground, yakni di Tual.

Hingga kini, Perindo sudah membeli sekitar 170 ton dari empat kapal Indramayu yang menangkap ikan di Arafura dan membongkar hasil tangkapan di Tual.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perikanan

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top