Line Akuisisi TemanJalan, Startup Lokal Pengembang Chatbot

Agne Yasa
Jumat, 24 November 2017 | 23:38 WIB
Line/Reuters-Toru Hanai
Line/Reuters-Toru Hanai
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – LINE Indonesia mengakuisisi TemanJalan, sebuah start-up lokal yang mengkhususkan diri pada pengembangan chatbot.

Kesepakatan tersebut secara resmi telah diselesaikan pada 17 November 2017 dan TemanJalan telah menjadi bagian dari LINE Indonesia.

Dale Kim Managing Director Line Indonesia mengatakan Line terus berkomitmen untuk mengembangkan chatbot platform di Indonesia, dan akuisisi atas TemanJalan merupakan salah satu bentuk pengembangan kapasitas pihaknya di sana.

“Bersama TemanJalan, kami mendapatkan tim engineering baru yang dapat meningkatkan kemampuan kami dalam mengembangkan platform chatbot, serta mendapatkan wawasan yang mendalam tentang pasar di Indonesia," katanya, Jumat (24/11/2017).

Sebelum bergabung dengan LINE, TemanJalan telah mengembangkan aplikasinya di beberapa platform.

Setelah menggunakan platform LINE, TemanJalan mengklaim penggunaannya melonjak drastis. Dengan fokus pada platform LINE, TemanJalan mendapatkan transaksi harian 70 kali lebih banyak dibandingkan dengan platform lainnya.

Hal ini dinilai sebagai indikasi bahwa penggunaan Line sangat kuat di kalangan millennials.

TemanJalan melalui LINE BOT AWARDS meraih penghargaan pada kategori lokalisasi. Hal ini menunjukkan bahwa sebuah aplikasi native dapat diubah menjadi chatbot. Hal ini dapat menginspirasi developer aplikasi lokal untuk memindahkan produk mereka ke platform LINE.

Fauzan Helmi Sudaryanto selaku Co-Founder dan CEO TemanJalan, mengatakan pihaknya sangat senang bisa bergabung dengan Line.

“Akuisisi ini merupakan sebuah bentuk kepercayaan pada produk dan developer di Indonesia serta menunjukkan keseriusan LINE dalam membina dan mendukung komunitas lokal," katanya.

TemanJalan adalah sebuah platform sosial khusus untuk carpooling bagi para mahasiswa. Platform ini telah membantu para mahasiswa terhubung dengan mahasiswa lain, dan mencocokkan mereka berdasarkan rute dan jadwal.

Lebih dari sekadar meningkatkan layanan carpooling, TemanJalan juga membantu para mahasiswa bertemu dengan teman baru dalam setiap perjalanan. Layanan ini sudah beroperasi di lebih dari 50 kampus dan telah menghasilkan lebih dari 100.000 match.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agne Yasa
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper