Terjual di Situs Lelang Milik Alibaba, Dua Unit Pesawat Boeing 747 Raup Nilai Fantastis

Dua unit pesawat Boeing 747-400 berhasil terjual dengan nilai yang fantastis melalui lelang online dalam situs jual beli milik Alibaba, Taobao.
Renat Sofie Andriani | 23 November 2017 14:23 WIB
Alibaba - alibabagroup.com

Bisnis.com, JAKARTA – Dua unit pesawat Boeing 747-400 berhasil terjual dengan nilai yang fantastis melalui lelang online dalam situs jual beli milik Alibaba, Taobao.

Kedua unit pesawat milik perusahaan kargo yang telah dinyatakan pailit, Jade Cargo International, dikabarkan terjual kepada perusahaan logistik ternama asal China, SF Express.

Keduanya berhasil dijual senilai total US$48 juta, sekaligus menjadikannya sebagai penjualan dengan nilai tertinggi dalam sejarah Taobao. Intermediate People’s Court of Shenzhen City telah mengupayakan penjualannya melalui enam lelang offline sebelum melelangnya di Taobao.

Tawaran terhadap salah satu unit pesawat dibuka pada Senin (20/11) dengan posisi awal 135 juta yuan. Sepanjang proses terdapat total 27 tawaran yang diajukan sebelum ditutup di posisi sekitar 162 juta yuan atau sekitar US$25 juta.

Dilaporkan oleh kantor berita China Xinhua, yang dilansir CNBC, Kamis (23/11/2017), kedua unit pesawat tersebut sebenarnya adalah bagian dari tiga unit yang ditawarkan. Namun unit ketiga tidak berhasil terjual karena hanya ada satu pembeli yang mendaftarkan tawaran.

Namun menurut BBC, meskipun mencatatkan nilai penjualan tertinggi untuk Taobao, tawaran untuk kedua unit pesawat tersebut bukanlah penjualan dengan nilai tertinggi melalui situs lelang online pada umumnya.

Nilai tertinggi masih dicatatkan untuk penjualan sebuah superyacht seharga US$85 juta melalui eBay pada tahun 2016.

Penjualan atas kedua unit pesawat tersebut menandai babak berikutnya dalam sejarah panjang Boeing 747, saat operasinya sebagai pesawat penumpang dipensiunkan meskipun masih digunakan sebagai pesawat kargo udara.

Awal bulan ini, United Airlines menghentikan pengoperasian 747 dari armada penerbangannya. Delta Air Lines, yang kini menjadi maskapai AS terakhir yang mengoperasikan pesawat tersebut, dikabarkan berencana untuk menawarkan penerbangan komersial terakhirnya dengan unit 747 pada akhir tahun.

 

Tag : alibaba, boeing
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top