Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

57% Konsumen Indonesia Pilih Apartemen Sebagai Hunian

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mempertimbangkan kepraktisan hunian bertingkat.
Ilustrasi pembangunan apartemen/Antara-Audy Alwi
Ilustrasi pembangunan apartemen/Antara-Audy Alwi

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mempertimbangkan kepraktisan hunian bertingkat. 

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2017 menunjukkan 57% dari 1020 responden di Indonesia memilih apartemen sebagai tipe hunian yang akan dibeli. Ini merupakan peningkatan jika dibandingkan dengan survei pada Semester 2 tahun 2016, di mana hanya 35% responden yang tertarik membeli apartemen.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com menyampaikan apartemen jadi satu-satunya solusi bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, tetapi  ingin tinggal di dekat tempat bekerja. Hal ini masuk akal mengingat harga rumah tapak di Jakarta Selatan misalnya, seperti Kebagusan, Jagakarsa, dan sekitarnya sudah berada pada kisaran di atas Rp1,5 miliar.

“Sementara di perbatasan seperti Bintaro sudah mencapai Rp600 juta - Rp800 jutaan,”katanya Kamis (23/11/2017).

Harga apartemen di Jakarta Selatan pada rentang harga Rp350 juta-Rp800 juta mengalamikenaikan berdasarkan data Rumah.com Property Index. Hingga akhir Q3-2017, median harga apartemen di segmen ini tercatat Rp17.220.000 per meter persegi. Dengan kisaran harga tersebut, apartemen dengan tiga kamar tidur masih bisa ditemukan di tengah kota.

Untuk apartemen yang letaknya di tengah kota, seperti Pancoran, Kalibata, dan Kebagusan, bisa didapatkan dengan dua kamar tidur seharga Rp350 juta-Rp460 jutaan, atau apartemen dengan tiga kamar tidur dengan harga Rp700 jutaan.

Mengamati tren apartemen pada segmen Rp300 juta hingga Rp800 juta di Jakarta Selatan,median harga apartemen di Jakarta Selatan terus meningkat dalam setahun terakhir. PadaQ3 2016, median harga segmen ini masih berada pada harga Rp16.330.000 atau meningkat sebesar 5,5% dalam waktu satu tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper