Pengguna Google Search Tumbuh 5% Per Tahun

Peni Widarti
Selasa, 21 November 2017 | 18:55 WIB
/gizmag
/gizmag
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Google Indonesia merilis tingkat pencari konten melalui Google Search rerata mengalami pertumbuhan hingga 5% per tahun seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi liburan.

Markerting Manager Google Search, Mira Sumanti mengatakan setidaknya ada 3 hal yang menjadi perhatian Google untuk terus memperbaiki fitur maupun informasi bagi pengguna internet, di antaranya adalah masalah kecepatan dalam pencarian sebuah informasi, percakapan dengan berbagai bahasa serta pembaharuan konten-konten yang diminati masyarakat.

"Soal kecepatan, sekarang Google bisa mempermudah pencarian misalnya saat pencarian lalu jaringannya lemah, maka koneksi tidak akan putus dan hasil pencarian konten tetap tersimpan," katanya saat konferensi pers Google #SelaluTauLiburanPas, Selasa (21/11/2017).

Sedangkan faktor percakapan, lanjut Mira, Google telah banyak menyiapkan teknologi berbagai bahasa dan suara bahkan Google sudah mampu mengidentifikasi bahasa Jawa.

Selain itu, tambah Mira, Google telah melengkapi fitur untuk membantu masyarakat dalam mengambil keputusan informatif sebelum melakukan perjalanan wisata.

Mulai dari pilihan hotel, informasi berupa foto lokasi, ulasan, sampai harga yang ditampilkan di setiap akomodasi yang ada.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya pada bulan-bulan November seperti sekarang ini banyak masyarakat Indonesia mulai mencari dan merencanakan liburan akhir tahun, jadi kami mendesain aplikasi Google untuk membantu mengambil keputusan dengan cepat," katanya.

Mira menambahkan, selama ini minat pencarian konten di Google bagi orang Indonesia kebanyakan adalah penyusuran konten musik, makanan, film dan hiburan serta travel.

Berdasarkan riset Google pada tahun lalu, pencarian konten travel (angkutan pesawat/kereta api dan akomodasi) terbanyak terjadi 2 kali dalam satu tahun yakni pada momen Ramadhan dan liburan akhir tahun.

"Tahun lalu di 2 momen tersebut, destinasi yang paling dicari di Google adalah Jakarta, disusul Bali, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Bandung," katanya.

Sedangkan tujuan wisata yang paling dicari melalui Google Search pada tahun lalu yakni Padang, Bangka Belitung, Pangandaran, Bukit Tinggi dan Berastagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper