Desa Lebih Transparan dan Efisien Lewat IT

Festival DesTIKa 2017 bertujuan mendorong pemerintah desa lebih transparan dan efisien melalui pemanfaatan teknologi informasi yang tepat.
Sholahuddin Al Ayyubi | 20 November 2017 14:04 WIB
Sejumlah anak bermain sepak bola di lahan kosong bantaran sungai Cileungsi, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/3). - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Festival DesTIKa 2017 untuk mendorong pemerintah desa lebih transparan dan efisien melalui pemanfaatan teknologi informasi yang tepat.

Direktur Pemberdayaan Industri Informatika pada Ditjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Septriana Tangkary mengatakan program tersebut digelar untuk meningkatkan sinergi program kerja antara pemerintah pusat dan pemerintah desa.

Menurutnya, pada era digital, desa harus bangkit dan menjadi subjek pembangunan bangsa di wilayah masing-masing.

"Iya betul, jadi desa harus kita dorong bersama. Agar lebih transparan dan efisien. Ini program tahunan kami, Destika sekarang telah bergulir menjadi semangat gerakan yang bisa dilaksanakan oleh siapa saja," tuturnya, Senin (20/11).

Dia optimistis program tersebut berjalan dengan lancar karena telah didukung infrastruktur telekomunikasi yang terus dibangun pemerintah sampai saat ini seperti Palapa Ring dan Desa Broadband Terpadu khusus untuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.

"Jadi dengan adanya infrastruktur ini, setiap masyarakat yang ada di wilayah Indonesia bisa mengakses Internet dan memberikan kontribusi positif," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transformasi digital

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top