PLN Belum Hitung Anggaran Sederhanakan Golongan Listrik

PT PLN (Persero) memberikan fasilitas penambahan daya atau instalasi miniature circuite breakers (MCB) secara gratis. Namun PLN belum menghitung secara pasti berapa dana yang akan dikeluarkan untuk instalasi tersebut.
Gemal AN Panggabean
Gemal AN Panggabean - Bisnis.com 16 November 2017  |  09:30 WIB
PLN Belum Hitung Anggaran Sederhanakan Golongan Listrik
Petugas melakukan pemeriksaan rutin di Gardu Induk PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa-Bali, di Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). - Antara/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA—PT PLN (Persero) memberikan fasilitas penambahan daya atau instalasi miniature circuite breakers (MCB) secara gratis. Namun PLN belum menghitung secara pasti berapa dana yang akan dikeluarkan untuk instalasi tersebut.

Kepala Satuan Korporat PLN I Made Suprateka mengatakan, meski PLN belum menghitung besaran dana yang akan dikeluarkan, instalasi MCB akan memakan anggaran sekitar Rp60.000 per unit. PLN tidak merasa keberatan dalam memberikan fasilitas gratis tersebut dalam meningkatkan golongan.

“Anggarannya tidak besar. Kami belum menghitung berapa biaya yang akan dikeluarkan. Tapi, seperti itulah gambarannya, Rp60.000 per unit [MCB],” katanya menjawab bisnis di ruang kerjanya, Rabu (15/11).

MCB akan dipasang untuk 12,5 juta pelanggan PLN on subsidi, tidak termasuk pelanggan 900 VA dan pelanggan subsidi 900 VA dan 450 VA. Adapun jumlah pelanggan PLN, Adapun pelanggan yang akan disederhanakan adalah golongan 1.300 volt ampere (VA) yang mencapai 9,1 juta pelanggan, 2.200 VA berjumlah 2,5 juta pelanggan, 3.500 VA-5.500 VA yang mencapai 969 ribu pelanggan.

Menurut Made, pemasangan ini akan dilakukan secara bertahap dan akan segera dilaksanakan. “Tinggal tunggu hasil rapat dengan Kementerian ESDM [Energi dan Sumber Daya Mineral]. Nanti, akan ada regulasinya. Setelah itu, akan dipasang secara bertahap,” kata Made.

Adapun tujuan PLN menyeragamkan golongan konsumen listrik nonsubsidi tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktifitas pelanggan, khususnya UMKM dalam mengkonsumsi listrik. Selain itu, PLN juga bertujuan untuk menyederhanakan golongan listrik seperti di negara ASEAN lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top