Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM Luncurkan Buku Panduan Efisiensi Energi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan buku Panduan Pelatihan Pembiayaan Proyek Efisiensi Energi. Buku ini terdiri dari dua judul yakni bagi lembaga jasa keuangan dan bagi industri.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan buku "Panduan Pelatihan Pembiayaan Proyek Efisiensi Energi." Buku ini terdiri dari dua judul yakni bagi lembaga jasa keuangan dan bagi industri.

Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Ida Nuryatin Finahari mengatakan, penyusunan materi buku tersebut merupakan kerjasama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan melibatkan para pemangku kepentingan antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perwakilan bank, perwakilan industri, dan tenaga ahli antara lain Ery Wijaya dan Fabby Tumiwa. "Buku ini diharapkan bisa jadi acuan," ujarnya melalui siaran pers, Senin (23/10).

Untuk lembaga jasa keuangan, kata Ida, buku ini bisa menjadi pedoman dalam pelatihan perbankan mengenai pembiayaan proyek efisiensi energi. Untuk sektor industri, diharapkan dapat memberikan pemahaman bahwa investasi di bidang efisiensi energi akan memberikan keuntungan yang luar biasa yakni penghematan biaya yang cukup besar.

Dalam kesempatan tersebut, Ida mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT Astra International, Tbk. Menurut Ida, Astra merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan efisiensi, konservasi energi, serta mempromosikan teknologi bersih.

Pada 2017, perusahaan di bawah naungan Astra mampu melakukan penghematan energi sebesar 1.549 terajoule atau setara penghematan biaya sekitar Rp408 miliar. "Penghematannya cukup besar," kata Ida.

Ida mengatakan, kedua buku tersebut dapat diunduh di situs www.ebtke.esdm.go.id. Penggunaan website untuk mempublikasikan buku ini bertujuan mempermudah masyarakat memperoleh informasi mengenai panduan pembiayaan proyek efisiensi energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper