Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal dan Tahun Baru 2018: Tiket Kereta Sudah Mulai Dipesan

Libur Natal dan akhir tahun selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu sepanjang tahun, sehingga permintaan pemesanan moda transportasi pasti akan jauh lebih meningkat, termasuk juga tiket kereta api.
Pegipegi.com/dokumentasi
Pegipegi.com/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA - Libur Natal dan akhir tahun selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu sepanjang tahun, sehingga permintaan pemesanan moda transportasi pasti akan jauh lebih meningkat, termasuk juga tiket kereta api.

Pegipegi sebagai salah satu Online Travel Agent yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api, melakukan riset untuk mengetahui tren pemesanan tiket kereta api jelang libur Natal dan tahun baru 2018.

Menurut data internal Pegipegi, masyarakat sudah mulai mempersiapkan perjalanan akhir tahun dengan menggunakan kereta api bahkan sejak awal Oktober atau H-90 keberangkatan.

Hingga saat ini, sudah mulai terlihat adanya peningkatan pemesanan tiket kereta api sebanyak 18%. Angka tersebut dirangkum selama periode pemesanan 24 September sampai 4 Oktober 2017 untuk periode keberangkatan tanggal 23 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018. Puncak keberangkatannya sendiri diprediksi terjadi pada hari Sabtu, 23 Desember 2017. Sementara, puncak arus balik terjadi pada hari Senin, 1 Januari 2018.

Takeo Kojima selaku CEO Pegipegi mengatakan, hingga kini, sudah mulai terlihat adanya peningkatan pemesanan tiket kereta api di Pegipegi, dibandingkan dengan minggu-minggu biasanya, meski presentasenya belum terlihat signifikan.

"Diprediksi peningkatan pemesanan akan meningkat drastis di akhir November, yaitu pada H-3 sampai H-1 minggu jelang keberangkatan. Berbeda dari Lebaran, fenomena masyarakat untuk libur Natal dan tahun baru justru lebih suka yang dadakan. Jadi, kalau tidak sigap dan cepat, kemungkinan besar tidak akan kebagian," ujarnya seperti dikutip dari siaran persnya.

Berdasarkan data internal pembelian tiket kereta api di Pegipegi tahun 2016, diketahui bahwa Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan terakhir Cirebon menjadi destinasi favorit pengguna kereta api.

Di Tahun 2017 ini, Pegipegi memprediksikan destinasi favorit untuk libur Natal dan tahun baru 2018 tidak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Sampel data ini diambil dari pemesanan tiket kereta api keberangkatan Stasiun Gambir pada 23 Desember 2017 ke destinasi-destinasi tersebut, yang sudah hampir habis terjual hingga 50%.

Pada tanggal tersebut, kereta api menuju Bandung dari Stasiun Gambir tersisa kereta api Argo Parahiyangan kelas Ekonomi dan Eksekutif. Untuk menuju Yogyakarta, tersisa kereta api Gajayana, Argo Lawu, dan Taksaka kelas Eksekutif. Tiket kereta api tujuan Surabaya tersisa Bangungkarta 56, Sembrani 48, dan Argo Bromo Anggrek 44 kelas Eksekutif. Sedangkan tiket kereta api menuju Cirebon tersisa kereta api Gumarang 78, Senja Utama YK, Cirebon Ekspress, dan TEGAL BAHARI 66 kelas Ekonomi dan Eksekutif.

“Ketersediaan tiket kereta api jelang libur Natal dan Tahun Baru 2018 memang masih tersedia, namun kami menghimbau masyarakat, khususnya yang akan menggunakan kereta api untuk merencanakan perjalanannya sesegera mungkin. Perlu diketahui, liburan ini merupakan peak season,” tambah Kojima.

Menyambut musim liburan ini, Pegipegi menyediakan berbagai program menarik yaitu diskon hingga 10%, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya pengguna jasa layanan kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper