Waymo & Intel Kerja Sama Teknologi Mobil Swakemudi

Waymo dan Intel bekerja sama untuk mengembangkan teknologi mobil swakemudi.
Agne Yasa | 01 Oktober 2017 22:42 WIB
Intel - Reuters/Kim Kyung-Hoon

Bisnis.com, JAKARTA - Waymo dan Intel bekerja sama untuk mengembangkan teknologi mobil swakemudi.

Brian Krzanich, Chief Executive Officer Intel Corporation, mengatakan melihat perkembangan mobil swakemudi yang semakin nyata, dirinya berekspektasi cucu-cucunya tidak akan perlu menyetir mobil lagi. Artinya, satu hal yang dilakukan oleh hampir 90% orang Amerika setiap hari akan berakhir hanya dalam satu generasi.

"Dengan potensi menyelamatkan hidup yang begitu besar, Intel sangat antusias berada di garis terdepan bersama industri terkemuka seperti Waymo dalam membawa perubahan yang pesat,” ujarnya melalui rilis pada Minggu (1/10/2017).

Teknologi kecerdasan buatan (AI) menjanjikan mobil masa depan yang dapat dikendarai tanpa pengemudi.

Teknologi mobil tanpa kemudi dinilai mampu mencegah kecelakaan dengan memberikan kemampuan mobil swakemudi untuk belajar dari berbagai pengalaman jutaan mobil dengqn menghindari kesalahan orang lain dan menciptakan lingkungan transportasi yang lebih aman.

Data WHO mencatat hampir 1,3 juta orang di dunia meninggal tertabrak di jalan setiap tahun, dengan rata-rata 3,287 meninggal dalam sehari.

Adapun data National Motor Vehicle Crash Causation US, Department of Transportation mencatat hampir 90% dari kecelakaan ini disebabkan oleh kesalahan manusia.

Brian menambahkan kendaraan terbaru Waymo, minivan hybrid tanpa pengemudi yang diberi nama Chrysler Pacifica, memiliki teknologi berbasis Intel. Teknologi ini dapat digunakan untuk pemrosesan sensor, perhitungan umum dan konektivitas, serta memungkinkan penggunaan teknologi swakemudi pada keseluruhan fitur secara real-time di situasi dan kondisi perkotaan yang begitu padat.

Seiring dengan teknologi swakemudi Waymo yang semakin cerdas dan canggih, daya kinerja hardware dan software yang tinggi akan memerlukan perhitungan yang akurat dan efisien.

Bekerjasama dengan Waymo, Intel menawarkan kendaraan Waymo sebuah tenaga pemrosesan terdepan yang dibutuhkan untuk tingkat 4 dan 5 swakemudi.

Dengan lebih dari tiga juta kilometer jarak yang ditempuh, mobil Waymo yang ditenagai oleh Intel diklaim telah menjalankan lebih banyak mobil swakemudi dibandingkan kendaraan swakemudi lainnya di Amerika Serikat.

“Kerjasama antara Intel dengan Waymo memastikan Intel akan terus berada di posisi terdepannya dalam mewujudkan komitmen mobil swakemudi dan masa depan yang lebih aman dan bebas dari tabrakan,” katanya.

Tag : mobil, intel
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top