Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Idul Adha : Kepadatan Kendaraan Diperkirakan Meningkat 40%

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi kepadatan kendaraan akan mengalami peningkatan hingga 40% dibandingkan dengan hari-hari biasa pada masa libur lebaran Iduladha 2017.
Antrean kendaraan di ruas tol Cikampek KM 67/Bisnis-Dedi Gunawan
Antrean kendaraan di ruas tol Cikampek KM 67/Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi kepadatan kendaraan akan mengalami peningkatan hingga 40% dibandingkan dengan hari-hari biasa pada masa libur lebaran Iduladha 2017.

"Peningkatan kendaraan dari hari biasa mungkin bisa 30-40%, tidak setinggi Idul Fitri, tapi yang harus kita siapkan itu lalu lintas yang tiba-tiba apakah setelah Shalat Idul Adha atau setelah Shalat Jumat itu yang kita manage," kata Budi dalam siaran pers pada Kamis (31/8/2017).

Dia menjelaskan, pihaknya memprediksi kepadatan arus kendaraan pada masa libur lebaran Iduladha akan terjadi pada Kamis siang (31/8/2017) ketika jam pulang kantor atau pada Jumat (1/9/2017) setelah masyarakat melaksanakan ibadah Iduladha atau sholat Jumat.

Oleh karena itu, paparnya, pihaknya melakukan pembatasan operasional angkutan barang truk dengan sumbu tiga atau lebih sejak Kamis (31/8/2017) pukul 12.00 WIB sampai dengan Jumat (1/9/2017) pukul 12.00 WIB.

Setelah itu, lanjutnya, pemerintah kembali melakukan pembatasan operasional angkutan barang truk pada Minggu (3/9/2017) sejak pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 23.59 WIB.

"Oleh karenanya kita berlakukan pembatasan truk 3 sumbu, itu berlaku mulai dari siang H-1 tengah hari sampai Shalat Jumat jadi 1 hari, jadi ada jeda waktu orang (angkutan barang) jalan dari jam 12 Jumat sampai Minggu pagi, baru Minggu pagi kita tutup satu hari," jelasnya.

Selain di jalan raya, dia memprediksi kepadatan juga akan terjadi di Bandara Soekarno-Hatta. Meskipun tidak ada penambahan flight, dia mengungkapkan tingkat keterisian atau okupansi penumpang pesawat akan mengalai peningkatan 30%.

"Di Bandara Soekarno-Hatta itu mungkin tidak ada suatu penambahan flight tapi okupansinya naik jadi kalo dari volume mungkin akan naik 30%, karena pesawat lebih digemari karena waktu tempuhnya cepat," ucapnya.

Dia menambahkan, dirinya menganjurkan masyarakat menggunakan angkutan umum seperti pesawat, kereta api, dan bus serta menghindari penggunaan kendaraan pribadi dalam melakukan perjalanan mudik Iduladha karena waktu libur yang pendek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper