Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Akan Reaktivasi Jalur KA Cianjur-Padalarang

Kementerian Perhubungan akan mereaktivasi jalur kereta api rute Cianjur-Padalarang sehingga tersedia jalur kereta api dari Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang-Bandung bagi masyarakat.
Rel kereta api. /Bisnis.com
Rel kereta api. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Kementerian Perhubungan akan mereaktivasi jalur kereta api rute Cianjur-Padalarang sehingga tersedia jalur kereta api dari Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang-Bandung bagi masyarakat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, langkah reaktivasi jalur kereta api tersebut guna memberikan kenyamanan dan membuat waktu tempuh perjalanan masyarakat hingga ke Bandung lebih cepat.

Saat ini kereta api dari Stasiun Bogor hanya bisa sampai ke Stasiun Cianjur via Sukabumi. Sementara dari Bandung, lanjutnya jalur rel kereta api aktif baru sampai Stasiun Padalarang.

"Saya ingin membuat kereta api ini lebih nyaman, cepat dan tidak hanya sampai ke Bogor-Sukabumi tapi sampai ke Padalarang - Bandung," kata Budi, Jakarta, dalam siaran pers pada Kamis (31/8/2017).

Jalur kereta api dari Bogor sampai Bandung, dia mengungkapkan juga bisa menjadi moda transportasi umum alternatif masyarakat yang ingin melakukan perjalanan.

"Jalur tersebut dihidupkan lantaran padatnya mobilitas masyarakat di lintasan tersebut. Kereta api yang tersambung dari Bogor sampai Bandung ini bisa jadi alternatif angkutan umum," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian Zulfikri mengatakan saat ini sedang menyusun anggaran untuk perbaikan jalur Bogor-Sukabumi dan Sukabumi-Cianjur.

"Detail Engineering Design saat ini sedang disusun. Nanti akan dibangun dengan skema design and build setelah design dasarnya sudah ada. Kemungkinan tahun depan sudah bisa dimulai pembangunannya," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya Kemenhub baru menganggarkan Rp 256 miliar untuk reaktivasi jalur Cianjur-Padalarang sepanjang 40 km. Jalur KA Cianjur-Padalarang, ungkapnya sudah ada dan lama tidak dimanfaatkan.

Dia berharap, jalur Cianjur-Padalarang bisa langsung disambung ke jalur KA Padalarang-Bandung setelah jalur KA Cianjur-Padalarang diaktifkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper