Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendag dan Plaza Indonesia Gelar Pasar Kreasi Indonesia

Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Plaza Indonesia, Kemendag menggelar program Pasar Kreasi Indonesia yang berlangsung 21 Agustus 24 September 2017 di Plaza Indonesia, Jakarta yang diikuti oleh 31 perusahaan terseleksi.
Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita saat membuka Pasar Kreasi Indonesia/Istimewa
Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita saat membuka Pasar Kreasi Indonesia/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Plaza Indonesia, Kemendag menggelar program Pasar Kreasi Indonesia yang berlangsung 21 Agustus – 24 September 2017 di Plaza Indonesia, Jakarta yang diikuti oleh 31 perusahaan terseleksi.

Program ini sebagai bagian dari dukungan untuk upaya pengembangan produk kreatif Indonesia dalam mendorong peningkatan ekspor melalui program-program yang dapat menggerakkan industri dan bisnis.

"Kehadiran Pasar Kreasi Indonesia bertujuan memberikan ruang bagi para pelaku usaha kreatif untuk mengembangkan serta mempromosikan produk bernilai tambah di pusat perbelanjaan," jelas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat membuka acara Rabu, (30/8), di Plaza Indonesia, Jakarta.

Menurut Mendag, selain dibina dan diberikan pemahaman tentang pasar, produk kreatif Indonesia juga perlu diberikan kesempatan untuk meraih akses pasar dan berpromosi. "Ini akan mendorong pelaku usaha kreatif Indonesia mengembangkan bisnisnya agar terus berupaya berkreasi, membaca, serta menciptakan tren desain dan berkarya,” kata Mendag.

Pasar Kreasi Indonesia, lanjut Mendag, menghadirkan ragam kategori produk untuk mengarahkan pelaku usaha agar siap masuk dalam strategi bisnis yang berorientasi kepada kegiatan ekspor. Para pelaku usaha yang terseleksi ini merupakan representasi dari beragam produk kreatif bernilai tambah Indonesia mulai dari kain tradisional khas Indonesia, fesyen hingga dekorasi rumah dan mebel. Hasil karyanya dapat ditemui di lantai 3 dan 4 Plaza Indonesia.

“Produk yang terseleksi dibuat oleh tangan kreatif Indonesia, yang dengan cerdasnya memadukan material alam Indonesia, seperti kayu, rotan, dan bambu dengan tak lupa menonjolkan kekayaan budaya Indonesia. Kecerdasan tangan kreatif Indonesia yang menghasilkan penghargaan internasional,” tambahnya.

Sementara itu, Chairman of Plaza Indonesia Foundation, Arnes Lukman menyampaikan komitmennya dalam mendukung program Pemerintah, terutama pada sektor perdagangan. "Plaza Indonesia mendukung program Pemerintah di sektor perdagangan dengan memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan akses pasar ritel dan memamerkan diversifikasi produk yang siap bersaing tidak hanya di skala nasional, namun juga internasional. Ini merupakan inisiatif Plaza Indonesia untuk memberikan product experience dan akses kepada pelaku usaha agar siap masuk ke industri ritel yang sesungguhnya," ungkap Arnes.

Pasar Kreasi Indonesia hadir dengan konsep pop-up store modern yang terintegrasi dengan kualitas, keunikan, dan segmentasi pasar. Kehadiran pelaku usaha dan merek lokal di pusat perbelanjaan premium ibukota ini menjadi bukti bahwa produk Indonesia memiliki diferensiasi dan keistimewaan sebagai tuan rumah di negeri sendiri yang tak kalah bersaing dengan merek internasional di Plaza Indonesia.

Mendag juga menyampaikan apresiasi secara khusus kepada Plaza Indonesia Foundation yang telah membantu memfasilitasi promosi produk kreatif Indonesia agar ke depannya dapat tumbuh berdaya saing. “Diharapkan ke depannya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan nilai jual produk kreatif Indonesia di mata pembeli dan juga memperluas jejaring pemasaran usahanya,” tandas Mendag.

Menurut Arnes, sebagai pusat perbelanjaan dan gaya hidup terdepan, Plaza Indonesia terus memperkuat posisi sebagai one-stop-destination dengan menghadirkan berbagai program yang diperuntukan bagi konsumen maupun pelaku usaha dan industri di negeri ini.

"Dengan Pasar Kreasi Indonesia diharapkan dapat memperkaya berbagai inisiatif dan upaya pihak- pihak ritel Indonesia yang selalu siap untuk bekerja sama dengan penghasil produk-produk dalam negeri agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen gaya hidup urban saat ini. Salah satunya, melalui sinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan daya saing pelaku industri ritel lokal guna memenuhi permintaan pasar yang semakin beragam," pungkas Arnes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper