Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bahan Pangan Terpantau Stabil Jelang Idul Adha

Pergerakan harga komoditas sejumlah bahan pangan menjelang Idul Adha berada dalam kondisi stabil.

Bisnis.com, JAKARTA — Pergerakan harga komoditas sejumlah bahan pangan menjelang Idul Adha berada dalam kondisi stabil.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri menjelaskan pergerakan harga beberapa komoditas terpantau dalam kondisi aman. Harga ayam potong misalnya, hanya mengalami kenaikan tipis dibandingkan dengan hari sebelumnya.

“Harga ayam potong naik dari Rp32.500 per kilogram menjadi Rp33.000 per kilogram,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (30/08/2017).

Sementara, Abdullah mengatakan harga bawang merah berada dalam kondisi stabil di kisaran Rp30.000 per kilogram. Kondisi serupa juga terjadi pada komoditas daging sapi yang berada di kisaran Rp123.000 per kilogram.

Dia memprediksi harga daging sapi akan mengalami penurunan sehari menjelang perayaan Idul Adha. Hal itu seiring dengan bertambahnya stok daging di pasaran.

Di sisi lain, pihaknya menilai pasokan sejumlah kebutuhan pokok dalam kondisi aman. Menurutnya, pemerintah belum perlu melakukan operasi pasar.

“Beberapa komoditas terpantau masih dalam kondisi aman baik dari segi harga maupun pasokan,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan Bisnis melalui sistem pemantauan pasar kebutuhan pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan (Kemendag), pada Rabu (30/8), tidak terjadi kenaikan harga komoditas bapok yang signifikan. Laman tersebut menunujukkan bahwa harga bawang merah, telur ayam, dan cabai merah besar justru mengalami penurunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurhadi Pratomo
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper