Anak Ajaib Facebook Pindah ke Google

Demis Rizky Gosta
Selasa, 29 Agustus 2017 | 11:46 WIB
Michael Sayman (kiri) bersama CEO Apple Tim Cook
Michael Sayman (kiri) bersama CEO Apple Tim Cook
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Facebook Inc. kehilangan Michael Sayman, programmer yang membangun aplikasi mobile pertama pada usia 13 tahun, ke perusahaan induk Google, Alphabet Inc.

Bloomberg pada Selasa (29/8/2017) melaporkan Alphabet resmi mempekerjakan Michael Sayman yang saat ini telah berusia 21 tahun sebagai manajer produk untuk Assistant, layanan berbasis suara yang disediakan pada mesin pencarian Google.

Assistant adalah prioritas utama buat CEO Google Sundar Pichai. Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California tersebut berusaha menyediakan Assistant di seluruh platform dan gawai yang mereka produksi di tengah kompetisi ketat dengan Alexa milik Amazon.com dan Siri milik Apple Inc.

Sayman mencuri perhatian Facebook saat usianya 13 tahun. Saat itu Sayman menggunakan perangkat pengembangan yang disediakan Facebook untuk iPhone untuk mengembangkan aplikasi mobile.

Facebook kemudian memberikan kesempatan magang saat Sayman berusia 17 tahun dan memberikannya pekerjaan sebagai insinyur ketika usianya memasuki 18 tahun.

Posisi terakhir Sayman di Facebook adalah manajer produk yang membantu perusahaan media sosial tersebut memahami cara remaja seusianya menggunakan ponsel, memberikan saran soal pengembangan produk untuk remaja, dan membantu para pengambil keputusan memahami perkembangan tren.

Dalam video tentang kepindahannya dari Facebook ke Alphabet yang dipublikasikan di Facebook, Sayman mengatakan dirinya belajar memprogram komputer lewat video tutorial yang ada di Google.

“Secara pribadi, saya melihat Assistan sebagai kesempatan bagi Google untuk menurunkan hambatan bagi anak-anak dan remaja dari berbagai kelompok umur dan latar belakang untuk belajar cara memprogram sekaligus mendorong mereka untuk menjelajahi dunia ilmu komputer lewat cara yang sebelumnya mustahil.”

Sayman juga mengatakan Zuckerberg merupakan sosok yang memberikannya insiprasi luar biasa dan rekan kerja yang sangat menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper