Ternyata G-Lite Bukan Merek Pertamina

Dalam beberapa bulan terakhir beredar kabar soal produk baru bahan bakar minyak (BBM), yaitu G-Lite yang akan diluncurkan ke pasar.
Duwi Setiya Ariyanti | 22 Agustus 2017 13:34 WIB
Kendaraan antre untuk mengisi BBM di tempat peristirahatan KM 207 jalan tol Palimanan-Kanci, Jawa Barat, Jumat (23/6). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam beberapa bulan terakhir beredar kabar soal produk baru bahan bakar minyak (BBM), yaitu G-Lite yang akan diluncurkan ke pasar.

Namun, PT Pertamina (Persero) menyatakan bahwa perseroan tidak akan mengeluarkan produk G-Lite seperti yang direncanakan akan dipasarkan pada Oktober 2017.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengatakan bahwa perseroan tak memiliki kerja sama apapun untuk mendistribusikan produk bahan bakar minyak (BBM) dengan pengecer.

"Kami enggak ada kerja sama dengan pengecer," ujarnya kepada Bisnis, Senin (21/8).

Menurutnya, G-Lite yang akan didistribusikan di Palembang berasal dari BBM jenis Pertalite yang dijual Pertamina yang kemudian dibeli Garuda Mas Energi yang mengantongi izin niaga dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi. Oleh karena itu, G-Lite bukanlah produk yang diluncurkan Pertamina.

G-Lite merupakan produk yang memiliki kualitas yang kurang lebih setara dengan Pertalite dengan kadar oktan (research octane number/RON) 90. Semakin tinggi kadar oktan, BBM itu semakin berkualitas. Premium memiliki RON 88.

"Perusahaan, dia beli dari Pertamina, dia kemas sendiri. Dia punya izin dari Migas [Kementerian ESDM]. Bukan produk Pertamina," katanya.

Tag : Harga BBM
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top