Semester I/2017, AP II Buka 17 Rute Baru

Sepanjang Januari-Juni 2017, PT Angkasa Pura II dengan sejumlah maskapai penerbangan telah membuka 17 rute baru.
Amanda Kusumawardhani | 30 Juni 2017 22:12 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Agus Suasanto (kedua kiri) didampingi Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (ketiga kiri) dan Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury (kiri) berbincang dengan penumpang penerbangan perdana Internasional di Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (1/5). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Sepanjang Januari-Juni 2017, PT Angkasa Pura II dengan sejumlah maskapai penerbangan telah membuka 17 rute baru.

Sebut saja, baru-baru ini Garuda Indonesia membuka rute Jakarta-Banyuwangi, diikuti AirAsia dengan rute Pontianak – Kuching dan PT Citilink Indonesia membuka rute Jakarta – Dili (Timor Leste).

Lainnya, Sriwijaya Air telah membuka rute Jakarta-Sampit dan Jakarta-Pangkalan Bun. Wings Air membuka rute Jambi–Tanjung Karang, Jambi – Padang,  dan Padang–Tanjung Karang. Batik Air membuka rute Jambi–Jakarta, Pontianak – Jakarta, dan Jakarta – Lubuk Linggau.

Sementara itu, Lion Air membuka rute Bandung – Pekanbaru, Bandung – Lombok, Palembang – Surabaya, Palembang – Medan, Palembang – Solo, dan Palembang – Yogyakarta.

“Kalau mau pariwisata maju ya harus seperti ini. Semua kerja bareng, kerja kompak untuk menambah jaringan penerbangan di bandara-bandara AP II. Kami memberi insentif bagi maskapai, sementara maskapai membuka rute baru atau menambah frekuensi penerbangan,” ujar President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, mengutip keterangan resminya, Jumat (30/6/2017).

Selain penambahan 17 rute baru di atas, dalam waktu dekat juga akan dibuka penerbangan Jakarta – Makau dan Bandung – Pontianak.

“AP II memberikan apresiasi kepada maskapai yang telah memperluas konektivitas penerbangan dengan membuka rute baru di bandara-bandara AP II, khususnya saat periode angkutan lebaran tahun ini," tambahnya.

Pada tahun ini, Awaluddin memprediksi  jumlah pergerakan penumpang bisa mencapai 100 juta orang. Dan sekitar 60-70% dari jumlah tersebut merupakan pergerakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menurutnya, wisatawan mancanegara yang masuk melalui bandara-bandara AP II berpeluang mencapai 4 juta orang.

Pada saat yang sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi langkah kerja sama AP II dengan beberapa maskapai penerbangan Tanah Air dalam membuka rute-rute baru.

"Harmoni dan sinergi adalah survival kita. Harmoni dan sinergi adalah kunci sukses kita. Kata kuncinya Indonesia Incorporated,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
angkasa pura ii

Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top