Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Daya Saing, Perusahaan Logistik Perlu Perbaikan Berkelanjutan

Peningkatan kinerja dan penurunan biaya logistik nasional dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap perusahaan-perusahaan penyedia jasa logistik nasional, utamanya perusahaan 2PL dan 3PL.
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Jason Lee
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Jason Lee

Bisnis.com, SANGATTA - Peningkatan kinerja dan penurunan biaya logistik nasional dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap perusahaan-perusahaan penyedia jasa logistik nasional, utamanya perusahaan 2PL dan 3PL.

Konsultan senior Supply Chain Indonesia Zaroni mengatakan, fokus perbaikan dilakukan pada peningkatan kualitas layanan dan cost reduction perusahaan penyedia jasa logistik.

"Peningkatan kinerja perusahaan penyedia jasa logistik mencakup performance level reliability, responsiveness, flexibility, costs, dan assets management," katanya kepada Bisnis, Jumat (30/6/2017).

Perusahaan penyedia jasa logistik nasional juga perlu membangun dan meningkatkan kualitas relationship management dengan pelangganya. Karena pelanggan menuntut kualitas layanan logistik yang superior dan menuntut kepercayaan, keterbukaan, dan information sharing.

Inovasi dan pengembangan layanan logistik yang berbasis logistics & supply chain solution menjadi kebutuhan pelanggan saat ini, tidak hanya layanan basic logistics services.

Perusahaan penyedia jasa logistik nasional perlu melakukan inovasi dan pengembangan layanan logistik seperti reverse logistics, cross-docking, freight bill auditing and payment dan information technology (IT) services.

Dalam konteks makro, menjadi tugas pemerintah untuk menciptakan iklim usaha sektor perusahaan penyedia jasa logistik nasional agar efisien dan memiliki daya saing tinggi.

Penyediaan dan perbaikan kualitas infrastruktur logistik seperti jalan, pelabuhan, rel kereta api, stasiun, terminal, teknologi telekomunikasi, dan lain-lain untuk meningkatkan kinerja layanan perusahaan penyedia jasa logistik nasional, dan meningkatkan connectivity desa-kota, pusat dan hub logistics domestik dan international.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper