Layanan Indosat Ooredoo: Trafik Data Melesat Selama Lebaran

Lavinda
Kamis, 29 Juni 2017 | 23:00 WIB
GIG Indosat Ooredoo/twitter
GIG Indosat Ooredoo/twitter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Trafik layanan operator seluler Indosat Ooredoo meningkat sebesar 39,52% pada momentum Lebaran 2017 dibandingkan dengan penggunaan pada hari biasa.

Umar Hadi, Group Head Network Operations  Indosat Ooredoo menyampaikan trafik telekomunikasi, khususnya trafik layanan data meningkat cukup signifikan. Di puncak hari Lebaran pada 25 Juni 2017, trafik layanan data meningkat sebesar 113,60% dibandingkan dengan trafik data pada Lebaran tahun sebelumnya, menjadi sekitar 2.813 Terabyte/hari. 

Peningkatan trafik data tertinggi selama masa mudik Lebaran 2017 terjadi pada puncak mudik Lebaran atau H-3 Lebaran yakni sekitar 3.102 Terabyte/hari, atau naik 53,85% dibandingkan dengan trafik data reguler. 

"Peningkatan trafik data ini sejalan dengan tren penggunaan sosial media di masyarakat, terutama penggunaan berbagai aplikasi dalam berkomunikasi dan bersilaturahmi selama masa Lebaran," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis(29/6/2017).

Berbeda dengan layanan data, trafik layanan suara dan pesan singkat cenderung turun selama Lebaran 2017. Bila dibandingkan dengan trafik harian biasa, trafik voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 286 juta menit, atau turun sekitar 14,45%. Sedangkan trafik pesan singkat di hari Lebaran menurun menjadi  sekitar 321,12 Juta SMS, atau turun 31,40%.

Terkait fasilitas jaringan, Indosat mengklaim performansi jaringan Lebaran Indosat cukup baik dengan adanya upaya peningkatan kapasitas jaringan, antara lain peningkatan kapasitas layanan data menjadi 7.344 Terabyte/hari, kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta Erlang/hari, dan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 miliar SMS/hari. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lavinda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper