Masuki Usia ke-10, Masih Ingat Spesifikasi iPhone saat Pertama Diluncurkan Apple?

M. Nurhadi Pratomo
Kamis, 29 Juni 2017 | 05:52 WIB
Kantor pusat Apple Inc di California, AS/Reuters-Noah Berger
Kantor pusat Apple Inc di California, AS/Reuters-Noah Berger
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tepat 10 tahun lalu atau 29 Juni 2007, Apple mengenalkan ponsel pintar besutannya Iphone kepada dunia. Meski bukan sebagai smartphone pertama, peluncuran produk itu disebut sebagai pembawa inovasi bagi teknologi telepon genggam.

Seperti apa teknologi yang dibawa perangkat tersebut saat Steve Jobs mengenalkannya? Berikut data yang dirangkum oleh tim Bisnis.com dari berbagai sumber.

1. Layar 3,5 Inch

Iphone seri pertama menggusung layar 3,5 Inch dengan resolusi 320x480 pixel. Ukuran tersebut dipertahankan hingga seri iPhone 4s

2.  Ram 128 megabyte

Ukuran ram Iphone seri pertama adalah 128 megabyte. Jumlah itu sangat kecil bila dibandingkan dengan ram yang diusung oleh iPhone 7 Plus yang mencapai 3 gigabyte

3. Kamera Belakang 2 Megapiksel

Pada seri pertamanya, iPhone dibekali dengan kamera beresolusi 2 megapiksel. Saat itu, produk Apple tersebut belum memiliki teknologi kamera depan.

4. Jaringan 2,5G

Meski masih dibekali dukungan jaringan 2,5G, banyak sumber yang menyebut iPhone seri pertama menjadi pembuka bagi akses internet melalui perangkat genggam yang lebih luas. Dukungan tersebut langsung diperbaharui oleh Apple setahun kemudian dengan meluncurkan seri iPhone 3G

5. Belum memiliki dukungan App Store

Steve Jobs belum memberikan dukungan App Store pada produk iPhone saat pertama kali diluncurkan. Berbagai dukungan aplikasi baru bisa dinikmati pada seri berikutnya yakni iPhone 3G.

6. Kapasitas Memori 4GB, 8GB, dan 16GB

Pada seri perdananya, iPhone tersedia dalam tiga jenis kapasitas memori penyimpanan. Harga terendah dibanderol dengan harga US$499.

Berbagai sumber meyakini dengan kehadiran iPhone pertama pada 10 tahun silam meski dengan spesifikasi yang sederhana merubah banyak gaya hidup masyarakat. Aspek yang diubah antara lain penggunaan data internet, fotografi, dan cara orang berinteraksi dengan ponsel pintar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper