Lebaran, Keluhan Pelanggan XL Axiata Turun

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat penurunan tingkat keluhan pelanggan selama musim Lebaran 2017 dibandingkan dengan Lebaran tahun sebelumnya. Bahkan, penurunan keluhan juga terjadi bila dibandingkan dengan hari biasa.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 28 Juni 2017 09:08 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara ( kiri ) bersama Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya ( kanan ) dalam acara kunjungan Menkominfo bersama BRTI dan media di pusat monitoring jaringan XL Axiata (Network Operation Center) di Jakarta (23/6/2017) - Bisnis - Agne Yasa

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat penurunan tingkat keluhan pelanggan selama musim Lebaran 2017 dibandingkan dengan Lebaran tahun sebelumnya. Bahkan, penurunan keluhan juga terjadi bila dibandingkan dengan hari biasa.

XL Axiata juga mencatat terjadinya pergerakan pelanggan di mana jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat. Hal ini sesuai dengan pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan pulang kampung. Saat hari H Lebaran pada 25 Juni 2017, jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%.

Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%. Jumlah pelanggan yang ada di suatu wilayah akan mempengaruhi kenaikan trafik di wilayah yang bersangkutan.

Kenyamanan pelanggan atas layanan XL Axiata di Lebaran juga tercermin dari menurunnya tingkat keluhan pelanggan yang masuk melalui customer service dibandingkan dengan rata-rata keluhan yang masuk di hari biasa.

Penurunan yang terjadi cukup signifikan, yaitu mencapai sekitar 22%, bahkan juga lebih rendah dibandingkan dengan keluhan yang masuk di Lebaran tahun sebelumnya, yaitu sekitar 3% lebih rendah.

XL Axiata mengungkapkan timnya akan terus bersiaga hingga kondisi normal kembali pasca Lebaran sekitar akhir pekan depan ketika warga Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya mulai kembali dari kampung halaman atau tempat mereka berlibur.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan sampai saat ini pihaknya terus secara maksimal bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran.

"Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan," ujarnya melalui keterangan tertulisnya kepada Bisnis.

Tim peliput:

Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, Yanita Petriella

Sumber : Tim Jelajah

Tag : xl axiata
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top