Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LEBARAN 2017: Hari I, Harga Kebutuhan Pokok di Bogor Melonjak

Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/6/17), melewati harga acuan penjualan yang ditetapkan oleh pemerintah.
Pedagang daging ayam./Antara-Zabur Karuru
Pedagang daging ayam./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA — Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/6/17), melewati harga acuan penjualan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com melalui Panel Harga Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, pada Minggu (25/6/2017) malam, harga bawang merah tertinggi di Bogor mencapai Rp40.000 per kilogram. Cabai merah keriting seharga Rp40.000 per kilogram.

Sementara itu, harga daging ayam ras Rp42.000 per kilogram sedangka telur ayam ras tertinggi Rp24.000 per kilogram. Harga beras masih terpantau normal dengan harga tertinggi Rp9.000 per kilogram.

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 27 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen, terdapat beberapa komoditas yang ditetapkan harga acuannya oleh pemerintah. 

Daging ayam ras misalnya disebut dalam beleid tersebut adalah Rp32.000 per kilogram. Bawang merah juga diatur Rp32.000 per kilogram.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti mengungkapkan harga acuan tersebut berperan sebagai sinyal peringatan bagi pemerintah. Jika kenaikan harga berdasarkan pantauan telah melewati 5% dari ketetapan maka pemerintah akan bersiap melakukan tindakan.

Tjahya menjelaskan dalam sepekan terakhir memang terjadi kenaikan harga. Tetapi, pergerakan yang terjadi masih berada dalam batas wajar. 

“Jika harga di suatu pasar masih di atas ketentuan acuan tertinggi maka kami akan meminta distributor untuk menggelontorkan pasokan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper