Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Tertinggi Gula Pasir Lokal Tembus Rp15.000 di Jakarta Pusat

Harga komoditas gula pasir lokal menembus Rp15.000 per kilogram di Jakarta Pusat, pada Minggu (25/6/17)
Gula./.
Gula./.

Bisnis.com, JAKARTA— Harga komoditas gula pasir lokal menembus Rp15.000 per kilogram di Jakarta Pusat, pada Minggu (25/6/17).

Data tersebut dilaporkan oleh Panel Harga Pangan Badan Ketahanan Pengan Kementerian Pertanian, Minggu (25/6/2017). Harga tersebut melampaui kesepakatan yang diteken disepakati oleh pedagang ritel modern maupun pasar tradisional sebesar Rp12.500 per kilogram.

Secara rata-rata di Jakarta Pusat, harga gula berada di kisaran Rp13.500 per kilogram. Hal tersebut berada di luar prediksi pemerintah yang mengklaim harga gula hingga Lebaran usai akan berada dalam posisi aman.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah memprediksi kenaikan penjualan bahan pokok terjadi dimulai tujuh hari sebelum Lebaran. Pertumbuhan rata-rata berada di atas 30% bahkan beberapa daerah mencapai 50%.

“Sampai dengan H+2 atau H+3 kita akan terus kendalikan walaupun secara teoretis berdasarkan kebiasaaan setelah lewat hari ini maka harga aman,” imbuhnya.

Dia menyatakan akan memastikan pasokan tersedia di pasar ritel modern maupun di warung serta pasar tradisional. Hal itu agar tidak menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.

“Cabai rawit merah kenaikan sedikit tetapi kembali turun, cabai merah keriting agak sedikit naik. Tetapi, kenaikan dan turunnya itu tidak signifikan jadi secara relatif saya tidak mengkategorikan itu sesuatu yang berbahaya,” paparnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper