Selain Liburan ke Bali, Obama akan Berpidato Dalam Kongres Diaspora

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik kunjungan mantan Presiden Barack Obama ke Indonesia.
Newswire | 24 Juni 2017 10:34 WIB
Rombongan kendaraan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama melaju setibanya di Bandara Ngurah Rai, Bali, (23/6). Obama dan keluarga berlibur di Pulau Dewata dari tanggal 23-28 Juni 2017. - Antara/Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik kunjungan mantan Presiden Barack Obama ke Indonesia.

Menpar mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak terkait, salah satunya tentang rencana Obama yang akan menyampaikan pidato kunci dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada Sabtu (1/7/2017) di Mal Kasablanka, Jakarta.

"Tentu kami akan memanfaatkan Barack Obama sebagai 'endorser' gratis walaupun saat ini beliau sudah tidak lagi menjadi kepala negara," kata Menpar Arief Yahya seperti dikutip Antara, Sabtu (24/6/2017).

Menurut Arief, strategi pariwisata dengan cara memanfaatkan momentum kedatangan Obama ke Indonesia sangat potensial untuk menjaring wisatawan asal AS ke Indonesia.

"Saat Raja Salman ke Indonesia seharusnya anggaran setahun, tapi setengah tahun saya anggarkan saat 11 hari beliau ke sini. Itu lebih efektif karena ada momentum yang pas. Rumus yang sama bisa diterapkan saat Obama ke sini. Wonderful Indonesia akan promosikan wisata di Times Square," ujar Arief.

Karena itu, pihaknya akan kembali mempromosikan pariwisata Indonesia yang dikemas dalam tagline Wonderful Indonesia, di Times Square New York, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata tercatat pernah mempromosikan pariwisata Indonesia dengan memasang media luar ruang berupa billboard bergambarkan laut serta pulau-pulau di Raja Ampat pada Oktober 2016.

Ada ikon-ikon pariwisata Indonesia lainnya yang terpasang, seperti Pantai G-Land, Banyuwangi, Gebogan di Bali (perempuan membawa gebogan khas Bali), dan satwa komodo.

"Tempatnya pun sangat strategis. Setiap tahun ada sekitar 24 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke sana. Jadi kami pasang di sana, bukan hanya 'attract' 300.000 turis Amerika, tapi ada seluruh orang dunia itu berkumpul di sana," kata Menpar.

Seperti diketahui mantan Presiden AS Barack Obama dan keluarganya sudah mendarat di Landasan Base Ops Lanud Ngurah Rai tepatnya di Bravo 31, Tuban, Badung menggunakan pesawat khusus Gulfstream, pada Jumat (23/6/2017), pukul 18.52 WITA.

Barack Obama disambut Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, Karo Ops Polda Bali Kombes I Nyoman Sumanajaya, Kapolresta Denpasar Kombes Hadi Purnomo, dan Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb I Wayan Superman.

"Selanjutnya rombongan langsung menuju Hotel Four Season, Ubud, Gianyar dengan menggunakan mobil," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Rikwanto seperti dikutip Antara.

Menurut Rikwanto, kedatangan Obama kali ini didampingi istrinya, Michelle Obama, dan dua putri mereka. Tidak hanya itu, saudara perempuan dan keluarga adik Barack Obama serta staf khususnya ikut dalam rombongan tersebut.

Tag : obama
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top