Facebook UK Punya Cara Lawan Terorisme

Muhammad Khadafi
Sabtu, 24 Juni 2017 | 01:22 WIB
Ilustrasi Facebook./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ilustrasi Facebook./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Facebook akan memberikan slot iklan gratis untuk kelompok anti-teror. Hal ini dilakukan untuk melawan kaum ekstremis yang sering kali menyebarkan propaganda radikal di dalam jaringan.

Inisiasi ini dilakukan Facebook Inggris dengan program yang diberi nama kampanye Counter Speech.

Sheryl Sandber, COO Facebook mengatakan bahwa tidak ada tempat untuk kekerasan dan kebencian. “Semua orang harus ambil bagian untuk melawan,” katanya seperti dikutip dari Telegraph.co, Jumat (23/6/2017).

Iklan gratis akan diberikan di antaranya kepada Jo Cox Foundation dan the Institute for Strategic Dialogue. Facebook akan mempromosikan pesan-pesan yang dikeluarkan kelompok-kelompok tersebut kepada individu yang memiliki potensi terpapar radikalisasi.

Selain memberikan iklan gratis bagi lembaga swadaya masyarakat (LSM) anti-teror, Facebook juga akan mendanai riset untuk memerangi radikalisme di dalam jaringan. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini mendukung penuh LSM melatih netizen menyikapi upaya radikalisasi.

Adapun teror dalam bentuk video sering diunggah dalam jaringan. Kelompok teroris seperti the Islamic State of Iraz and the Levant (Isil) berupaya terus mengeksploitasi Facebook dan media sosial lain untuk merekrut anggota. Pada akhirnya perusahaan media sosial yang disalahkan karena gagal mencegah hal itu terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Khadafi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper