INTERNET: Kebutuhan Data Jelang Lebaran Naik 20 Persen

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengemukakan kebutuhan data Internet yang meningkat hingga 20% menjelang perayaan Idulfitri 1438 H
Newswire | 24 Juni 2017 15:40 WIB
Ilustrasi. - .

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika mengemukakan  kebutuhan data Internet yang meningkat hingga 20% menjelang perayaan Idulfitri 1438 H.

Hal ini didapat dari hasil pengecekan Menkominfo ke NOC operator telekomunikasi yang bertujuan melihat kesiapan dan kesigapan serta untuk mendapatkan gambaran tren pemanfaatan jaringan telekomunikasi faktual di lapangan selama dua hari, Kamis dan Jumat (22-23 Juni), tulis siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika, seperti dikutip Antara, Sabtu (24/6/2017).

Dalam pengecekan tersebut didapat kondisi bahwa dalam industri telekomunikasi saat ini yang terjadi trafik suara (voice) dan SMS cenderung menurun, sementara iyu trafik dan kapasitas data yang justru naik tajam.

Kebutuhan data selama menjelang Lebaran ini naik 20%. Pengguna layanan telekomunikasi di wilayah tujuan mudik menjadi naik signifikan.

Trafik voice semakin turun, sehingga operator telekomunikasi agar lebih memanfaatkan jaringan 4G karena tren konsumsi layanan telekomunkasi ke depan yang lebih ke konsumsi data.

Saat ini Kementerian Kominfo mendorong pola carrier aggregation mesti sudah netral. Artinya jaringan secara regulasi bersifat netral, baik netral teknologi maupun netral servisnya ,sehingga dapat dimanfaatkan teknologi yang tepat sesuai kebutuhan pengguna ke depan.

Sementara itu operator telekomunikasi telah memiliki sistem monitoring dan kendali sampai ke tingkat BTS. Operator telekomunikasi telah mempersiapkan sistem dan jaringan sejak awal tahun 2017 ini dalam rangka menghadapi lonjakan-lonjakan trafik dalam mudik lebaran.

Area-area tertentu yang menjadi titik berkumpulnya arus mudik disiapkan Satgas Mudik yang siap serta peningkatan kapasitas. Untuk jalur tol darurat atau fungsional, operator seluler memenuhi coverare 60 sd 70 persen, dengan penambahan kapasitas dan satuan tugas di pintu keluar tol darurat. 

Tag : internet
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top