MUDIK LEBARAN 2017: Menhub Pantau Situasi Lewat Video Conference

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau kondisi sejumlah titik arus mudik melalui video conference dengan sejumlah posko bandara, pelabuhan, dan terminal di seluruh Indonesia.
Denis Riantiza Meilanova | 23 Juni 2017 21:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau kondisi sejumlah titik arus mudik melalui video conference dengan sejumlah posko bandara, pelabuhan, dan terminal di seluruh Indonesia.

Budi meminta mereka melaporkan situasi terkini di masing-masing daerah. Posko Angkasa Pura I (AP I) Semarang, yang pertama kali dihubungi, melaporkan jumlah penumpang yang datang pada H-2 jelang Lebaran 2017 mencapai 7.048 penumpang atau meningkat  13% dibandingkan dengan tahun lalu.

"Jaga baik-baik waspada safety security. Anda harus melihat kalau pesawat harus ramp check. Ramp check ulang ada ancaman teroris harus menggalakan kerjasama dengan TNI dan Polri," ujar Budi menanggapi laporan AP I Semarang di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).

Kemudian Pelabuhan Balikpapan melaporkan tiap harinya rata-rata kapal yang dioperasikan berkisar antara 3-6 kapal. Sementara hari ini terdapat tiga kapal yang dioperasikan dengan jumlah penumpang mencapai 4.118 penumpang.

"Penumpang sampai H-2 jumlahnya 30.091. Penumpang pada 2016 ada 30.396 penumpang. Jumlah penumpangnya berimbang. Selisih hanya sekitar 290 orang," kata petugas Pelabuhan Balikpapan.

Budi kemudian menyoroti dua hal terkait fasilitas di pelabuhan Balikpapan. Dia mempertanyakan apakah ruang istirahat untuk penumpang sudah dilakukan penambahan serta pemanfaatan gedung olaharaga (GOR) untuk menginap penumpang.

Petugas pun menanggapi bahwa mereka telah menambah tenda untuk istirahat. Sementara untuk GOR masih dalam tahap persiapan. Mereka mengaku hal tersebut telah ditindaklanjuti oleh Walikota Balikpapan termasuk General Manager Pertamina.

"Jadi masih dalam persiapan. Tapi sudah disetujui Pertamina, penumpang yang menginap akan dipindahkan ke GOR," jelas petugas Pelabuhan Balikpapan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
menhub, mudik lebaran

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top