5 Aplikasi Memudahkan Perjalanan Mudik Anda

Menjelang Lebaran, banyak warga yang pulang ke kampung halaman menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api maupun bus. Namun, tak sedikit pula pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.
Newswire | 23 Juni 2017 15:06 WIB
Aplikasi Waze - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Menjelang Lebaran, banyak warga yang pulang ke kampung halaman menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api maupun bus. Namun, tak sedikit pula pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Berikut lima aplikasi yang bisa membantu memudahkan perjalanan mudik Anda saat mudik atau berjalan-jalan menikmati libur Lebaran:

1. Google Maps
Aplikasi Google Maps sebaiknya sudah terpasang di telepon seluler saat hendak mudik. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana, sehingga mudah digunakan.

Pengaturan lokasi dan tujuan Anda bisa dilakukan dengan memilih "Go" di sebelah kiri bawah. Setelah itu, Google Maps akan menampilkan rute perjalanan sekaligus kondisi kemacetan jalan beserta estimasi waktu sampai.

Jika jalanan sedang macet, aplikasi yang juga tersedia di perangkat iOS itu akan memberikan beberapa alternatif rute dengan perkiraan waktu tempuh yang berbeda-beda pula.

Tidak hanya itu, Google Maps juga dapat menampilkan gambar nyata dengan memanfaatkan peta satelit dan bisa menampilkan apa saja yang ada di sekitar seperti pom bensin, restoran, supermarket atau kedai kopi.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Google Assitant, yang dapat memandu jalan tanpa harus melihat peta, sehingga Anda dapat berkonsentrasi mengendarai kendaraan Anda dengan mengaktifkan speaker pada telepon seluler.

2. Waze
Aplikasi Waze menampilkan pilihan rute beserta estimasi waktu perjalanan, serta dilengkapi asisten virtual yang dapat memandu menunjukkan jalan.

Waze juga merupakan komunitas berbasis lalu lintas, sehingga penggunanya bisa mendapat informasi dari pengendara lain yang berbagi informasi kondisi jalan dan lalu lintas secara langsung.

Selain informasi mengenai kemacetan lalu lintas, aplikasi ini menyediakan informasi mengenai kecelakaan, cuaca, perbaikan jalan, hingga razia polisi.

Pengguna juga bisa mengambil peran lebih aktif dengan berbagi laporan perjalanan kepada Wazer (sebutan pengguna Waze) lainnya dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Karena informasi berasal dari komunitas, maka data aplikasi Waze akan terus menerus diperbarui.

3. Ayo Mudik
Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan aplikasi Ayo Mudik pada Kamis (15/6) untuk melayani kebutuhan informasi pengguna jalan saat mudik.

Selain informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan, aplikasi Ayo Mudik juga menyediakan informasi mengenai jalur mudik serta fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik.

Aplikasi berbasis peta yang merupakan hasil kolaborasi pemerintah dengan perusahaan startup nasional Kudo itu juga menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidentil, serta pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana serta info lalu lintas terkini.

Sayangnya, aplikasi Ayo Mudik baru tersedia di Google Play Store, dan saat ini hanya tersedia untuk rute mudik untuk Pulau Jawa.

4. Mudik BPJS Kesehatan
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat inovasi berupa aplikasi mudik bernama Mudik BPJS Kesehatan yang dirilis Kamis (15/6).

Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan adalah aplikasi yang dibangun oleh BPJS Kesehatan sebagai media informasi bagi Peserta JKN dan masayarakat umum ketika melakukan perjalanan mudik.

Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi seputar Posko Mudik BPJS kesehatan yang tersebar di berbagai kota di indonesia, hingga peserta dapat mengetahui letak fasilitas kesehatan terdekat dan beberapa lokasi penting saat perjalanan mudik.

Fitur yang dapat digunakan pada aplikasi Mudik BPJS Kesehatan antara lain Telepon Penting, berisi informasi daftar telepon penting yang dibutuhkan oleh Peserta JKN dan masyarakat umum saat mudik, serta fitur Kantor BPJS Kesehatan yang berisi informasi alamat dan nomor telepon Kantor Pusat, Kantor Divisi Regional, hingga Kantor Cabang serta KLOK di seluruh Indonesia.

Selain itu, ada pula fitur Faskes BPJS Kesehatan yang berisi peta menuju lokasi fasilitas kesehatan terdekat dari posisi peserta, sehingga Peserta JKN dapat menuju lokasi faskes tersebut berdasarkan petunjuk yang diarahkan oleh aplikasi, dan fitur Tanya Jawab BPJS Kesehatan yang berisi pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh peserta JKN.

Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan telah tersedia baik di Google Play Store maupun Apple App Store.

5. JMCARe
PT Jasa Marga pada Selasa (20/6) meluncurkan sejumlah fitur baru dalam aplikasi JMCARe, yang dikembangkan secara internal oleh Jasa Marga untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna jalan tol.

Sebelumnya aplikasi itu menyediakan fitur push notification dan fitur informasi dan sekarang menambahnya dengan fitur Smart Assistance yang memberikan alternatif tercepat rute yang dipilih dan fitur Permintaan mobil derek di mana Anda dapat meminta layanan derek hingga lokasi exit terdekat.

Ada pula fitur Laporan Pengguna Jalan yang mengakomodir kebutuhan pengguna jalan menyampaikan informasi mengenai jalan tol seperti kecelakaan di jalan tol dan kerusakan fasilitas pelayanan.

Aplikasi JMCARe versi baru ini dapat diunduh secara gratis di ponsel berbasis Android (Play Store) dan di perangkat iOS (App Store).

 

Sumber : Antara

Tag : mudik lebaran
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top