Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grab Ingin Buka Jasa Logistik Via Udara

Grab Indonesia mengaku perusahaan akan terus melakukan inovasi teknologi di sektor jasa kurir termasuk pengiriman barang melalui udara.
Grab Bike/Reuters-Iqro Rinaldi
Grab Bike/Reuters-Iqro Rinaldi

Bisnis.com, JAKARTA – Grab Indonesia mengaku perusahaan akan terus melakukan inovasi teknologi di sektor jasa kurir termasuk pengiriman barang melalui udara.

Ridzki Kramadibrata mengatakan tak menutup kemungkinan jika selanjutnya, Grab akan menyediakan layanan jasa kurir atau logistik melalui udara dengan jaringan internet. Dia menilai terobosan itu bisa saja datang jika perusahaan telah melakukan pengembangan teknologi dan mengkaji penetrasi pasar.

“Inovasi adalah utama dalam Grab, kita jadi tahu bagaimana kalau layanan heli buat barang [dengan heli] atau drone, kita tidak akan menjawab tidak untuk inovasi, kami akan coba karena itu sangat memungkinkan,” kata Ridzki, Selasa (20/6/2017).

Dia menegaskan, Grab selalu mengkaji kebutuhan pasar sebelum merumuskan dan membuat layanan baru. Dia tak menampik bahwa ide pengiriman barang melalui drone juga pernah ada tetapi pihaknya belum bisa mengeksekusi karena harus melihat respon masyarakat.

Seperti halnya, Ridzki memberi contoh dengan layanan GrabHeli atau taksi udara a la Grab. Dia mengatakan bahwa Grab sudah mengkaji adanya peluang pasar yang besar pada layanan heli mengingat kemacetan di Jakarta yang sangat tinggi. “Di kota-kota lain masih kami persiapkan, harus cek dulu.”

Dia mengaku GrabHeli yang pertama kali muncul di Indonesia bisa saja menyusul justru di negara-negara lain yang sama-sama memiliki angka kemacetan yang tinggi. Misalnya saja di Thailand (Bangkok), dan Filipina (Manila).

Untuk menggunakan layanan angkutan barang dengan heli memerlukan banyak pertimbangan. Hal ini mengingat helikopter adalah layanan yang sangat premium sehingga harga yang ditawarkan berbeda. Hal ini mengingat helikopter mampu menempuh jarak jauh dengan waktu yang singkat.

‘Soal harga kita nantinya akan menjadi sangat transparan, namun dengan teknologi Grab bisa diutilisasi dan lebih optimal. Itu kunci menekan harga lebih terjangkau,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper