Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Bawang Putih, Pengusaha Tunggu Penyediaan Benih Unggul

Pelaku Usaha menanti penyediaan benih unggul dari pemerintah demi memenuhi harapan produktivitas bawang putih 6 ton per ha pascapenerapan aturan wajib tanam dalam negeri bagi importir.
Bawang putih./JIBI
Bawang putih./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA  - Pelaku Usaha menanti penyediaan benih unggul dari pemerintah demi memenuhi harapan produktivitas bawang putih 6 ton per ha pascapenerapan aturan wajib tanam dalam negeri bagi importir.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia Pieko Nyoto Setiadi mengapresiasi upaya pemerintah menyiapkan lokasi tanam bawang putih. Namun, yang saat ini menjadi kendala adalah penyediaan benih unggul yang belum mencukupi. Apalagi pemerintah menghendaki produktivitas bawang putih 6 ton per ha. Angka ini jauh di bawah produktivitas di China sebesar 10 ton per ha.

Dia berharap, pemerintah dapat melakukan sosialisasi kepada importir dan petani. Selama ini, importir minim sosialisasi tentang penanaman. Begitu pula, sosialisasi kepada petani perlu dilakukan mengingat saat ini banyak petani yang tidak lagi menanam bawang putih, diganti dengan komoditas lain yang lebih menguntungkan.

Hal ini diketahuinya saat kunjungan bersama Komisi IV DPR ke sentra bawang putih, beberapa waktu lalu."Persiapan benih masih belum mencukupi. Seyogyanya, penanaman benih pada awal tahun diarahkan menjadi benih, bukan untuk produk," tuturnya.

Sementara itu, dia optimis kewajiban tanam bawang putih bagi importir dapat menyeimbangkan peningkatan kebutuhan konsumsi. Kewajiban ini tidak lantas dapat menekan angka impor karena hanya dikenakan 5% dari kuota RIPH.

Sebelumnya,  Badan Litbang Pertanian dan Badan Karantina Pertanian bekerjasama  dengan Institut Pertanian Bogor untuk menyiapkan  uji coba penanaman benih bawang putih asal China. Ujicoba dilakukan untuk mengetahui kecocokan benih dengan lahan tanam di Indonesia, sebelum akhirnya membuka peluang impor benih dari negara tersebut.

Direktur Perbenihan Hortikultura Sukarman menyampaikan, peluang impor benih asal China terbuka manakala ketersediaan benih bawang putih dalam negeri tidak mampu mencukupi kebutuhan benih bawang putih nasional.

Namun demikian, pemerintah tetap berupaya menggunakan benih bawang putih dalam negeri untuk penanaman di 2018, seiring kewajiban tanam bawang putih bagi importir mulai berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper