Ini Hasil Uji Jaringan Seluler di Soeta, Gambir, dan Kampung Rambutan

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia bersama para operator telekomunikasi melakukan pengujian kesiapan jaringan di beberapa titik sepanjang jalur mudik. Uji petik di beberapa titik keberangkatan mudik utama menunjukkan kualitas jaringan yang prima di area Jakarta.
Lavinda | 20 Juni 2017 16:39 WIB
Petugas teknisi XL memeriksa perangkat jaringan BTS 4G di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6). - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia bersama para operator telekomunikasi melakukan pengujian kesiapan jaringan di beberapa titik sepanjang jalur mudik. Uji petik di beberapa titik keberangkatan mudik utama menunjukkan kualitas jaringan yang prima di area Jakarta.

Pengujian kesiapan jaringan dilaksanakan serentak di 10 kota, meliputi titik keberangkatan mudik di Jakarta, Batam, dan Balikpapan. Jalur utama mudik di Pulau Jawa, antara lain kereta api jalur utara dan selatan. Jalur darat ke arah barat yaitu Jakarta-Lampung dan jalur darat ke arah timur yaitu Jakarta-Semarang.  Berbagai kota yang diperkirakan menjadi titik kedatangan mudik, yaitu Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Padang, Semarang, dan Lampung.

Uji petik di Bandara Soekarno-Hatta menunjukkan tingkat keberhasilan panggilan sebesar 100% tanpa drop call dengan kualitas suara yang baik dengan rerata sekitar 3,87 atau lebih dari target semula 3. Adapun, rerata lama waktu penyambungan yang baik yakni 3,19 detik dari target 13 detik. 

Dari uji petik layanan pesan singkat diperoleh hasil berupa tingkat kesuksesan pengiriman pesan singkat 100% dengan rerata lama pengiriman pesan singkat sekitar 5,87 detik.

Terkait uji petik layanan internet menggunakan sampel uji sebanyak 309 akses mobile internet dari masing-masing operator seluler diperoleh tingkat keberhasilan unduh 100% dengan kecepatan unduh rerata untuk semua operator 7,29 Mbps dari target 1 Mbps, dan delay jaringan yang rendah yaitu rerata sekitar 72,16 milidetik.

Di Terminal Bus Ibukota, salah satunya Terminal Kampung Rambutan, uji petik seluler diketahui berhasil melakukan panggilan lebih dari 99%. Khusus Internet, porsi unduh 98,9% dengan kecepatan unduh rerata 4,59 Mpbs dan delay 92,83 milidetik.

Di Stasiun Gambir, uji petik panggilan memiliki tingkat keberhasilan 99,8%, kesuksesan pengiriman pesan singkat 100%, dan tingkat keberhasilan unduh 99% dengan kecepatan unduh 10,42 Mbps, dan waktu delay rerata 76,17 milidetik. Terakhir, Pelabuhan Tanjung Priok, memiliki kecepatan unduh rata-rata 5,11 Mbps dan delay jaringan 79,2 milidetik.

Tag : seluler, jaringan
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top