Wamen Arcandra Cek Kesiapan Pertamina Sumut

Wakil Mneteri ESDM Arcandra Tahar melakukan kunjungan kerjanya ke Sumatra Utara pada hari ini, Senin (19/6/2017).
Yoseph Pencawan | 19 Juni 2017 12:34 WIB
Wamen ESDM Arcandra Tahar saat tiba di gedung manajemen PT PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Belawan, Senin (19/6/2017). - Istimewa

Bisnis.com, SICANANG -- Wakil Mneteri ESDM Arcandra Tahar melakukan kunjungan kerjanya ke Sumatra Utara pada hari ini, Senin (19/6/2017).

Dalam kesempatan ini Arcandra dijadwalkan mendatangi dua fasilitas penting yang terkait dengan listrik dan bahan bakar minyak (BBM), yakni kapal pembangkit dan depo Pertamina.

Sekitar pukul 10.30 WIB Wamen ESDM tiba di gedung manajemen PT PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Belawan di Pulau Sicanang, Kota Medan, ditemani sejumlah pejabat terkait, antara lain Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar dan General Manager Pertamina Marketing Operation Region I Erry Widiastono.

Menurut Erry, salah satu tujuan kedatangan Arcandra adalah untuk mengecek kesiapan Pertamina dalam memenuhi kebutuhan BBM masyarakat selama perayaan Hari Raya Idulfitri 1438 H.

Pada 21 Mei 2017 PLN telah mendatangkan kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) asal Turki bernama Karadeniz Powership Onur Sultan. Kapal MVPP adalah salah satu yang terbesar di dunia dengan panjang 295,82 meter, lebar 46 meter dan bobot 90.084 ton.

Kapal yang disewa PLN selama lima tahun ini utamanya dioperasikan untuk menutupi defisit listrik dan memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera bagian Utara. Kapal pembangkit ini memiliki kapasitas daya 240 MW.

Setelah mengunjungi fasilitas tersebut, Arcandra selanjutnya dijadwalkan bertandang ke Terminal BBM Pertamina Group di Belawan atau hanya berjarak sekitar 15 menit dari titik labuh kapal listrik.

Fasilitas ini merupakan obyek vital penting bagi distribusi BBM di Sumatra Utara. Di mana sejauh ini pasokan BBM ke masyarakat di Sumatra Utara disuplai dari lima terminal BBM yang terdiri dari TBBM Medan Group (Belawan) , TBBM Kisaran, TBBM Siantar, TBBM G Sitoli, TBBM Sibolga melalui 319 SPBU.

Tag : Arcandra Tahar
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top