Transaksi Meningkat, Ini Produk Favorit di Blibli.com dan Elevenia

Platform e-commerce mencatat kenaikan transaksi dan trafik hingga dua kali lipat ketika Ramadan, seperti Blibli.com dan elevenia, hal ini didorong belanja masyarakat yang meningkat.
Agne Yasa | 19 Juni 2017 01:43 WIB
Ilustrasi. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Platform e-commerce mencatat kenaikan transaksi dan trafik hingga dua kali lipat ketika Ramadan, seperti Blibli.com dan elevenia, hal ini didorong belanja masyarakat yang meningkat.

CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan selama periode Ramadan, Blibli.com mencatat kenaikan transaksi dan trafik sekitar dua kali lipat terutama di kategori yang identik dengan bulan puasa.

“Di Ramadan ini, kami melihat ada peningkatan dari bulan biasanya. Kalau dibandingkan Ramadan sebelumnya, hampir sama kalau dari kami, tetapi produk selection kami sudah bertambah jadi otomatis lebih banyak,” kata Kusumo.

Dia menambahkan beberapa produk yang ramai dicari seperti pakaian terutama busana muslim, kuliner, makanan ringan, dan keperluan memasak, elektronik, otomotif dan aksesorisnya, serta motor. Pihaknya memprediksi tren ini akan terus berlangsung jelang Idulfitri.

“Biasanya sampai satu minggu sebelum Lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, PR Manager elevenia Sarma Dahita Silalahi mengatakan dari tahun sebelumnya elevenia mencatat peningkatan terjadi sampai dua kali lipat.

“Tren masih sama seperti tahun sebelumnya. Jika dilihat dari produk yang paling dicari dan waktu-waktu yang digunakan untuk belanja,” katanya.

Di elevenia, produk fashion menjadi produk yang secara konsisten setiap Ramadan mengalami kenaikan hingga seperempat dari seluruh transaksi.

Adapun produk lainnya yang mengalami kenaikan pembelian adalah produk gadget.

Selain itu, pada Ramadan produk e-coupon untuk pulsa handphone juga laris.

Menurutnya, persaingan e-commerce semakin ketat, namun pasar juga semakin luas, karena ekosistem ekonomi digital saat ini juga semakin baik.

“Selain itu, edukasi mengenai online shopping semakin meningkat,” katanya.

Di Ramadan tahun ini, elevenia melaksanakan kampanye Bikin Seru Ramadanmu yaitu program gabungan dari semua program andalan elevenia, termasuk MOKADO, Donasi Online dan voucher hepi untuk menggaet pelanggan dan meningkatkan transaksi.

Dia menambahkan pihaknya juga mempersiapkan infrastruktur untuk menampung lonjakan transaksi dan bekerjasama dengan mitra logistik.

“Kami baru saja meluncurkan layanan JNE PICK-UP dan One-Day-Delivery Service dengan GOSEND untuk mempermudah dan memfasilitasi distribusi barang dari seller ke buyer,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
blibli.com

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top