Operator Seluler Siap Layani Pemudik di Area Jawa

Jaringan operator telekomunikasi seluler dipastikan siap beroperasi menghadapi potensi kenaikan trafik selama arus mudik, hari raya, dan arus balik lebaran di Pulau Jawa.
Lavinda | 19 Juni 2017 08:27 WIB
Jalan tol Becakayu ruas RS Harum-Sumber Artha di Jakarta, Jumat (16/6). - Antara/Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA — Jaringan operator telekomunikasi seluler dipastikan siap beroperasi menghadapi potensi kenaikan trafik selama arus mudik, hari raya, dan arus balik lebaran di Pulau Jawa.

Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Muhammad Imam Nashiruddin mengatakan salah satu titik utama kedatangan mudik nasional adalah Semarang, karena cukup banyak warga Semarang yang tinggal di Jakarta atau di kota lain.

“Semarang juga menjadi kota transit mudik dengan tujuan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan sekitarnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Senin(19/6/2017).

Dari hasil uji petik terhadap kualitas jaringan semua operator telekomunikasi seluler yang beroperasi di Semarang, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik karena semua pencapaian berada di atas target untuk mampu melayani masyarakat.

Dijelaskan, pengujian jaringan telekomunikasi seluler dilakukan terhadap empat hal yaitu, uji kualitas layanan telepon, uji kualitas layanan pesan singkat, uji kualitas layanan mobile internet, dan uji kualitas cakupan mobilitas.

Pengujian kesiapan dilakukan terhadap seluruh jaringan operator telekomunikasi seluler menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi kedatangan mudik. Lokasinya antara lain Bandara Ahmad Yani, Stasiun Kereta Api Semarang, Terminal Bus Semarang, serta Pelabuhan Tanjung Emas.

Selain itu juga dilakukan dengan metode drive test seluruh jaringan operator untuk mengetahui kualitas layanan dan kualitas sinyal seluler di jalan-jalan utama di kota Semarang.

“Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa jaringan telekomunikasi seluler di Semarang dan sekitarnya siap melayani arus mudik, lebaran dan arus balik tahun 2017,” tegasnya. 

Namun demikian, BRTI meminta seluruh operator seluler untuk terus meningkatkan kualitas layanan terutama mobile internet di semua tempat keramaian (place of interest) dan cakupan mobilitas, termasuk jalur tol fungsional untuk mudik dan arus balik, karena akan dibutuhkan masyarakat.

Pengujian kesiapan jaringan telekomunikasi dilaksanakan sepanjang Mei 2017 lalu serentak di 10 Kota di Indonesia meliputi Jakarta, Batam, Balikpapan, Bandung, Surabaya, Makassar, Lampung, Semarang, Medan, dan Padang. 

Tag : Info Mudik, operator seluler
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top