Inilah Strategi Shopee Gaet Pelanggan Saat Ramadan

Shopee Indonesia gencar melakukan promosi dan program marketing lainnya untuk meningkatkan transaksi dan jumlah pelanggan.
Agne Yasa | 18 Juni 2017 19:23 WIB
Ilustrasi - dphase.com

Bisnis.com, JAKARTA - Shopee Indonesia gencar melakukan promosi dan program marketing lainnya untuk meningkatkan transaksi dan jumlah pelanggan.

Marketing Lead Shopee Indonesia Achmad Alkatiri mengatakan Shopee secara khusus bersiap untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat ketika Ramadan dan Idulfitri.

“Bisa dilihat dari rata-rata transaksi harian Shopee dari Januari sampai dengan bulan Mei, rata-rata Rp200.000 transaksi setiap hari, tapi selama Mei dan Juni, festive period ini, kami punya target double, dan tercapai,” ujar Achmad, kepada Bisnis.

Dia menambahkan Shopee sebagai e-commerce bertumbuh secara signifikan selama dua tahun, jika dibandingkan dengan Ramadan pada 2016, Shopee tumbuh 300% hingga 400%. Menurutnya, hal jnj karena sudah lebih banyak masyarakat mengetahui Shopee dan penjual yang semakin meningkat.

“Kami melihat Ramadan sebagai peluang besar, kami juga memberikan banyak sekali diskon lewat program Rezeki Ramadhan Shopee, diskon sampai 95%, selain gratis ongkir yang diberikan ke pembeli. Memang orang-orang antusias,” kata Achmad.

Shopee juga melihat tren peningkatan belanja online dari pelanggan di luar area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), tercatat lebih dari 80% transaksi harian berasal dari luar area ini.

“Jadi orang-orang di daerah-daerah sudah mulai shifting perilaku belanja mereka dari mal kecil di kota meraka ke online shoppig,” tambah Achmad.

Achmad mengatakan pihaknya akan habis-habisan menjelang Idulfitri yang tinggal menghitung hari untuk meningkatkan transaksi.

“Akan banyak voucher yang dikasih, flash sale diskon 70% sampai 80%, ini kesempatan untuk teman-teman yang ingin belanja Ramadan. Kami melihat ini sebagai sebuah momentum untuk orang-orang belanja, jadi kami akan sekaligus memperkenalkan diri,” tegas Achmad,

Selain dari sisi diskon, pihaknya juga memastikan kelancaran pengiriman dengan menggandeng mitra logistik seperti JNE, J&T, Pos Indonesia, dan Go-Send dari Go-Jek.

Memiliki segmen pengguna dominan di kategori perempuan, Shopee mencatat produk yang paling banyak dicari yakni pakaian perempuan serta pakaian muslimah.

“Shopee mayoritas perempuan pembelinya, usia 18 sampai 25 tahun, ada juga di atas 25 tahun," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
e-commerce

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top