Lebaran, Tarif Tol Cikupa-Merak Diskon 10% Pakai Uang Elektronik

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak yang dikelola oleh PT Marga Mandalasakti akan memberlakukan diskon tarif tol sebesar 10% untuk ruas Cikupa-Merak bagi pengguna jalan yang membayar tarif tol dengan uang elektronik seperti e-Money (Bank Mandiri), Tapcash (BNI), Brizzi (BRI) dan Blink (BTN).
Mia Chitra Dinisari | 17 Juni 2017 22:21 WIB
Jalan tol Tangerang-Merak - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak yang dikelola oleh PT Marga Mandalasakti akan memberlakukan diskon tarif tol sebesar 10% untuk ruas Cikupa-Merak bagi pengguna jalan yang membayar tarif tol dengan uang elektronik seperti e-Money (Bank Mandiri), Tapcash (BNI), Brizzi (BRI) dan Blink (BTN).

Diskon tarif tol ini berlaku selama 8 (delapan) hari selama arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1438 H, dibagi dalam dua periode, yaitu H-3 s.d. H2 atau 22 s.d. 26 Juni 2017 dan periode arus balik pada H+4 s.d. H+6 atau 30 Juni s.d. 2 Juli 2017.

Pemberlakuan diskon tarif tol ini merupakan bentuk kepedulian ASTRA Infra Toll Road kepada pengguna jalan dalam program layanan Arus Mudik dan Balik Lebaran 1438 H/2017.

“Tentunya kami berharap hal ini bisa menjadi dorongan bagi pengguna jalan tol untuk menggunakan uang elektronik di Tol Tangerang-Merak. Kami berharap setidaknya lebih dari 50% pengguna akan menggunakan uang elektronik dan dengan demikian akan mempercepat proses transaksi di gerbang-gerbang”, jelas Sunarto Sastrowiyoto, Direktur Teknik dan Operasi ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak dalam siaram persnya

Pemberlakuan diskon tarif ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak dalam program elektronifikasi jalan tol yang telah disepakati bersama oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Bank Indonesia yang akan mulai diberlakukan mulai Oktober 2017.

Dengan transaksi uang elektronik ini, waktu transaksi akan lebih cepat karena tidak ada lagi penghitungan dan pengembalian uang tol sehingga dapat memperkecil antrean serta kemacetan karena transaksi yang harus dilakukan di gerbang-gerbang.

Transaksi uang elektronik dapat dilakukan di semua gardu yang tersedia di sepanjang Tol Tangerang-Merak, dengan pengaturan sebagai berikut:

1. Pengguna kartu "e-money" atau “e-toll” (produk Bank Mandiri) dan “Blink” (produk BTN) yang masuk jalan tol melalui Gardu Tol Otomatis (GTO) TIDAK PERLU mengambil Kartu Tanda Masuk (KTM). Cukup menempelkan "e-money", “e-toll” atau “Blink” pada tempat yang ditentukan dan mengambil struk, kemudian saat keluar gerbang tol dapat melalui GTO maupun Gardu Tol Manual Exit.
2. Pengguna kartu "e-money", “e-toll” atau “Blink” yang masuk jalan tol melalui Gardu Tol Manual juga TIDAK PERLU mengambil KTM. Cukup menyerahkan "e-money", “e-toll” atau “Blink” kepada petugas di Gardu Tol atau menempelkan "e-money", “e-toll” atau “Blink” pada tempat yang ditentukan dan mengambil struk, kemudian saat keluar gerbang tol dapat melalui GTO maupun Gardu Tol Manual Exit.
3. Pengguna kartu "Tapcash" (produk BNI) dan "Brizzi" (produk BRI) yang masuk jalan tol melalui GTO atau Gardu Tol Manual, HARUS mengambil KTM juga struk dan keluar HANYA melalui Gardu Tol Manual Exit, untuk bertransaksi dengan menyerahkan KTM dan kartu "Tapcash" atau kartu "Brizzi" kepada petugas .
4. Untuk bertransaksi di Gardu Ramp On/Off Cikupa dapat dilakukan oleh semua pengguna uang elektronik (e-money, e-toll, Tapcash, Brizzi, Blink) dengan cara menempelkan uang elektronik pada tempat yang ditentukan.
5. Perhatikan golongan kendaraan, cek saldo (cukup hingga jarak terjauh) & ambil struk.

“Kami berharap dengan pemberian potongan tarif ini, pengguna jalan menyiapkan uang elektronik untuk bertransaksi di jalan tol sehingga mempercepat dan menperlancar perjalanan juga. Kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan kenyamanan dalam perjalanan khususnya dalam menyambut lebaran dan berharap dukungan pengguna jalan untuk tetap tertib mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan siap berkendara dalam kondisi prima”, lanjut Sunarto.

Sebagai upaya untuk memberikan pelayanan optimal, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak melakukan sosialisasi pemberlakukan diskon tarif tol dengan memasang spanduk informasi di 14 (empat belas) titik lokasi dan menginformasikan pemberitahuan tersebut melalui 11 (sebelas) unit Variable Message signs (VMS) yang terpasang pada jalur utama di sepanjang tol Tangerang-Merak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tol tangerang-merak

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top